laporan prakerin karburator



BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar belakang
Praktik kerja industri adalah salah satu penyelenggaraan pendidikan keahlian profesional yang memadukan secara sistematika dan sikronasi antara pendidikan dan pengusaha keahlian yang diperoleh selama kegiatan bekerja secara langsung di dunia usaha/industri dengan menerapi suatu keahlian profesi tertentu. Begitu juga dalam suatu industri perbengkelan. Dalam dunia perbengkelan banyak hal-hal yang harus selalu diperhatikan dalam saat kendaraan, baik dalam roda dua maupun roda empat atau yang lainnya yang saat ini banyak digunakan oleh kalangan masyarakat. Salah satunya gangguan pada sistem bahan bakar.
Berdasarkan uraian  di atas saya tertarik untuk memilih judul laporan “SISTEM KARBURATOR” untuk dijadikan bahan laporan saya.

B. Pembatasan Topik Laporan
Adapun pembatasan topik laporan praktik kerja industri (prakerin) sebagai berikut :
1.    Apa fungsi dari karburator?
2.    Bagian-bagian karburator?
3.    Fungsi bagian-bagian karburator
4.    Cara membersihkan karburator

C. Tujuan dan manfaat prakerin
1. Tujuan Prakerin
a. Menghsilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian berkualitas yaotu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan, dan etos kerja yang sesuai dengan tuntunan larangan kerja.
b. Memperoleh link and march antara sekolah dengan dunia kerja.
c. Meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses pendidikan dan peralihan tenaga kerja yang berkualitas.
d. Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.

2. Manfaat Prakerin
a. Menambah wawasan.
b. Membina hubungan kerjasama yang baik anta sekolah dengan perusahaan.
c. Mendapat pengalaman kerja agar ketika kita nanti bekerja tidak kaget dengan keadaan dunia kerja.



BAB II
PELAKSANAAN PRAKERIN

A. Waktu dan Tempat Prakerin
Praktek Kerja Industri (Prakerin) yang saya laksanakan yaitu dimulai pada tanggal 04 januari sampai tanggal 31 Maret 2016. Sedangkan tempat pelaksanaan sewaktu saya prakerin bertempat di bengkel Arista kuningan yang beralamat di Jl. Siliwangi No. 44 Kuningan.

B. Sejarah Singkat Tempat Prakerin
pada tahun 2003 berdirilah bengkel Arista Kuningan dengan nama PT.  MEGA TAMA MANDIRI yang didirikan oleh Bapak Hartono Sohor dan pimpinan presiden direkturnya dipimpin oleh Bapak Hartono Sohor. Sedangkan pimpinan kepala cabangnya di pimpin oleh Bapak Dadan Hadiat. Namun Bapak Dadan Hadiat hanya menduduki jabatannya sampai akhir tahun 2007 saja. Dan digantikan oleh Bapak Eko Wahono pada awal tahun 2008 dan nama PT berubah nama yang tadinya PT. MEGA TAMA MANDIRI menjadi PT. ARISTA MITRA LESTARI. Pada bulan Juli 2014 Bapak Eko Wahono digantikan oleh Bapak Ahmad tapi bapak hanya sampai bulan Oktober tahun 2015 saja karena diganti lagi oleh Bapak Suharyadi dan sampai sekarang Bapak Suharya memimpin kepala cabang di bengkel arista kuningan.

C. Visi dan Misi Tempat Prakerin
Visi
Menjadi bengkel resmi Yamaha terbaik se-Kuningan
Misi
Memberikan pelayanan terbaik dan standar mutu pada pelanggan yamaha dengan menjlankan proses kerja terbaik hingga tercapai kepuasaan bagi pelanggan dan menyediakan produk dan suku cadang yang inokatif dan bermutu dengan harga yang terjangkau oleh kalangan masyarakat.

D. Struktur oragnisasi
                     BENGKEL ARISTA KUNINGAN


 





 























E. Tugas dan Fungsi
1.    Kepala toko mempunyai tugas memimpin perusahaan dan service advistor mengkoordinator dihasilkan dan mengendalikan bengkel dalam melaksanakan pekerjaan dan mempunyai fungsi sebagai mekanik ahli dalam melakukan pekerjaan yang ada di bengkel.
2.    Para mekanik sebagai pelaksana mempunyai tugas dan fungsi melaksanakan pekerjaan yang ada di bengkel.


BAB III
PEMBAHASAN PELAKSANAAN PRAKERIN

A. Jenis Pekerjaan Yang Dilakukan
            Dalam praktek kerja industri (prakerin).
Tempat Prakerin         : Bengkel Astra Kuningan
Kopetensi Keahlian    : Tekhnik Sepeda Motor (Tsm)
No.
Hari/Tanggal
Bidang Pekerjaan
Uraian Pelaksanaan Kerja
1.
Senin, 04/01/2016
Perkenalan

2.
Selasa,
05/01/2016
Ganti kompas rem cakram belakang
Lepaskan pengunci kompas rem yang menempel pada kaliver dengan tang buaya. Lalu ambil kampas rem dan ganti sama yang baru dan pasangkan kembali seperti semua. 
3.
Rabu,
06/01/2016
Ganti oli mesin
Buka tutup pembuangan di yang ada dibawah mesin. Setelah dikeluarkan semua baru tutup kembali, lalu buka kembali bagian atas dan masukan oli baru lalu tutup kembali.
4.
Kamis,
07/01/2016
Ganti saringan udara
Buka tutup saringan dengan obeng + kunci 8 chock. Setelah terbuka ambil saringan dan ganti sama yangbaru lalu pasangkan kembali seperti semula uraian pelaksanaan kerja  
5.
Jum’at
08/01/2016
Ganti busi
Lepaskan tutup cap busi, lalu buka busi dengan kunci setelah terbuka busi yang baru kencangkan pasang cap busi kembali.
6.
Sabtu,
09/01/2016
Membersihkan ruang bahan  F1
Masukan SCR pada F 1 tolkit set lalu di beri tekanan angin dan kompresor lalu bagian slang F 1 tolkit Set dimasukan pada bagian F 1 motor setelah itu motor dihidupkan dan tunggu ± 10 menit.
7.
Senin,
12/01/2016
Mengecek bagian injektor
Masukan indikator pada injektor tester lalu star→art bleading→on→jet amont→of→art breding→kirming, sekitar 4 menit


8.
Selasa
12/1/2016
Ganti oli gear
Buka tutup oli bagian bawah, setelah oli keluar baru tutup kembali, dan buka tutup oli bagian atas dan masukan oli lalu tutup krmbali
9.
Rabu
13/1/2016
Ganti saringan oli
Buka tutup saringan oli lalu lepaskan saringan oli dan pasang saringan oli yang baru
10.
Kamis
14/1/2016
Menyetel rantai
Kendurkan AS roda lalu atur angka yang ada di setelan rantai, lalu kencangkan kembali
11.
Jumat
15/1.2016
Ganti kampas rem cakram
Lepaskan pengunci kampas rem dengan tang lalu copot kampas dan ganti sama yang baru lalu pasangkan kembali
12.
Sabtu
16/1/2016
Tune up
Membersiskan karburator
13.
Senin
18/01/2016
Servis saringan CVT
Buka tutup saringan CUT, lalu colot saringan rendam pada bensin dan keringkan dengan angin kompesresor lalu pasangkan kembali.
14.
Selasa,
19/01/2016
Ganti-belt
Buka tutp blok V-belt, lalu rumah kopling ambil V-Belt ganti sama yang baru lalu pasangkan kembali semua seperti semula
15.
Rabu
20/01/2016
Ganti gear set
Lepaskan rantai dari gear lalu buka ban lepaskan gear dari tromol dan gear depan lalu pasang gear set yang baru.
16.
Kamis,
21/01/2016
Ganti ban luar
Lepaskan mur as roda cabut as roda sdan ban setelah itu cungkil ban luar dari pelk setelah lepas pasangkan ban yang baru dan pasangkan kembali
17.
Jum’at
22/01/2016
Mengecek bagian injeksi
Cabut soket yang ada pada dekat batrai lalu sambungkan dengan kabel yang ada dari komputer lalu cek
18.
Sabtu
23/01/2016
Ganti oli mesin
Buka tutup pembuangan di yang ada dibawah mesin. Setelah dikeluarkan semua baru tutup kembali, lalu buka kembali bagian atas dan masukan oli baru lalu tutup kembali.
19.
Senin
25/01/2016
Servis saringan CVT
Buka tutup saringan CUT, lalu colot saringan rendam pada bensin dan keringkan dengan angin kompesresor lalu pasangkan kembali.


20.
Selasa,
26/01/2016
Ganti saringan udara
Buka tutup saringan dengan obeng + kunci 8 chock. Setelah terbuka ambil saringan dan ganti sama yangbaru lalu pasangkan kembali seperti semula uraian pelaksanaan kerja 
21.
Rabu,
27/01/2016
Ganti lapu depan
Buka baut yang ada dibatok kepala lalu cabut soket lampu lalu cabut lampu dan ganti lalu pasangkan kembali
22.
Kamis,
28/01/2016
Menguras minyak rem
Buka tutup breake pluid dan buka baut yang ada dikaliver lalu handle di rem di tekan hingga minyak rem kluar semua lalu tutup baut diliver masukan minyak rem baru dan pasangkan kembali
23.
Jum’at
29/01/2016
Ganti rem tromol
Lepaskan roda daro sasis lalu lepaskan kompas sdari tromol anti sama eyang baru lalu pasangkan kembali seperti semula
24.
Sabtu,
30/01/2016
Ganti karet tromol
Lepaskan roda lalu copot karet tromol dan pasangkan yangbaru lalu pasangkan kembali seperti semula.
25.
Minggu
31/01/2016
Ganti beaning roda
Lepaskan roda lalu lepaskan sbening dari dudukannya dan pasangkan yang kembali serti semua.
26.
Senin,
01/02/2016
Ganti Oli Mesin
Buka tutup oli bagian bawah, setelah oli keluar baru tutup kembali, dan buka tutup oli bagian atas dan masukan oli baru setelah selesai  tutup krmbali
27.
Selasa, 02/02/2016
Mengganti Batrai
Lepaskan kabel (+) terlebih dahulu, lalu kabel (-), pasang batrai baru pada saat memasang pasangkan kabel (-) terlebih dahulu baru kabel (+).
28.
Rabu 03/02/2016
Ganti piringan cakram
Lepaskan roda, lalu lepaskan piringan cakram dengan  kunci L lalu pasang piringan yang baru dan pasangkan kembali seperti semula
29.
Kamis, 04/02/2016
Sevice trotol bodi F1
Lepaskan iterlebih dahulu trotol bodi dari motor setelah itu bersihkan dengan carb clener agar semua kotoran lepas, lalu lepaskan kembali dengan bensin lalu semprot pakai angin
30.
Jumat
05/02/2016
Ganti saringan
Udara
Buka tutup saringan ,ambil saringan ,
Ganti saringan .pasangkan kembali
31
Sabtu
06/02/2016

Ganti kampas
Rem cakram
Lepaskan  pegunci kampas, lalu copot
Kampas .pasang kampas baru lalu pasangkan kembali


32.
Minggu
07/02/2016

Membersihkan
Saringan cut
Lepaskan tutup saringan ,ambil saringan rendam dalam bensin ,keringkan saringan ,pasangkan saringan
33.
Selasa
09/02/2016
Membersihkan kotoran yang menempel pada kabel gas
Menggunakan bensin dan oli
34.
Rabu
10/02/2016
Ganti oli
Gear
Buka tutup bawah setelah oli keluar
Tutup kembali .buka tutup aras masukan oli setelah selesai tutupkembali
35.
Kamis, 11/02/2016
Ganti kampas rem cakram
Buka pengunci kampas rem lalu lepaskan  kampas rem, ganti kampas rem
36.
Jum’at, 12/02/2016
Ganti kunci kontak
Lepaskan bodi depan lalu lepaskan kunci kontak, cabut soket kontak pasang kontak baru sambungkan soketnya lalu pasangkan kembali bodi depan
37.
Sabtu, 13/02/2016
Membersihkan ruang bahan bakar F 1
Masukan SCR F1 tool kir SCR angin pada pF1 toolkir set, sambungkan selang F1 tookir ke injektor dan motor dihidupkan tunggu kurang lebih 10 menit
38.
Minggu 14/02/2016
Tune up
Membersihkan  karburator
39.
Senin, 15/02/2016
Ganti oli mesin
Buka tutup pembuangan oli setelah oli keluar tutup kembali lalu buka tutup atas masukan oli baru dan tutup kembali
40.
Selasa, 16 /02/2016
Mengganti saringan udara
Lepaskan tutup saringan ambil saringan lalu pasang saringan baru dan tutup kembali
41.
Rabu, 17/02/2016
Membersihkan saringan CUT
Buka tutup saringan ambil saringan lalu rendam pada bensin, lalu keringkan kembali dan pasang
42.
Kamis, 18/02/2016
Ganti oli
Buka tutup bawah setelah oli keluar semua baru tutup kembali lalu buka tutup atas masukan oli baru dan tutup kembali
43.
Jum’at, 19/02/2016
Menguras minyak rem
Buka tutup minyak rem dan baut yang ada di kaliver lalu tekan, tekan handle rem
44.
Sabtu, 20/02/2016
Ganti busi
Cabut cap busi lalu lepaskan  busi dengan kunci busi pasang busi baru lalu cap busi
45
Minggu. 21/02/2016
Membersihkan kawat kopling
Menggunakan bensin dan oli
46.
Senin, 22/02/2016
Ganti knalpot
Buka kenalpot, pasangkan knalpot baru
47.
Selasa, 23/02/2016
Mengganti master rem
Pertama lepaskan  handle rem lalu karet master lalu spi lalu cabut dan pasangkan  master yang baru seperti semula
48.
Rabu, 24/02/2016
Ganti handle rem
Lepaskan  handle rem lalu pasang handle rem yang baru
49.
Kamis, 25/02/2016
Ganti kampas rem tromol
Lepaskan kenalpot lalu lepaskan roda setelah itu cabut kampas dan pasang yang baru.
50.
Jum’at, 26/02/2016
Ganti bering roda
Lepaskan roda lalu lepaskan bering dari dudukannya dan pasang bering baru
51.
Sabtu, 27/02/2016
Service ringan
Mengecek busi, saringan udara , saringan cut
52.
Minggu. 28/02/2016
Ganti kampas rem cakram
Lepaskan pengunci kampas lalu cabut kampas, pasang kampas baru seperti semula
53.
Senin, 29/02/2016
Ganti handle rem
Lepaskan  handle rem yang mau diganti  lalu pasang handle rem yang baru
54.
Selasa, 01/03/2016
Ganti lampu depan
Lepaskan  batok kepala lalu cabut soket lampu lalu copot lampu dan ganti sama yang baru
55.
Rabu. 02/03/2016
Ganti saringan udara
Buka tutup saringan copot saringan pasang saringan baru lalu tutup kembali
56.
Kamis, 03/03/2016
Memberihkan injektor
Pasangkan injektor pada injektor tester lalu star, air breding, on jet a mont, of bleding, kliming, kurang lebih 4 menit
57.
Jum’at, 04/03/2016
Ganti oli shok
Lepaskan shok dari dudukan segitiga lalu lepaskan pengunci atas oli, setelah oli keluar semua baru di ganti sama oli baru dan pasangkan  kembali seperti semula
58.
Sabtu, 05/03/2016
Membersihkan saringan CUT
Buka tutup saringan ambil saringan lalu rendam pada bensin, lalu keringkan kembali dan pasang
59.
Minggu, 06/03/2016
Tune up
Membersihkan  karburator

B. Hasil Yang Dicapai
Saya dapat melakukan pekerjaan sistem bahan bakar sesuai dengan Standar Oprasional Prosedur (SOP) di tempat praktek kerja industri (prakerin).
C. Tinjauan Teoritis
1. Karburator
     a. Fungsi
          1). Untuk mengatur udara dan bahan bakar ke dalam saluran isap yang dilanjutkan ke dalam silinder
          2).  Untuk mengatur suatu perbandingan antara bahan bakar dan udara, pada beban kecepatan motor
          3).  Untuk mencapur bahan bakar udara secara merata
     b. Bagian-bagian karburator
1).  Mangkok karbulator (float chamber)
2).  Klep/jarum pelampung (kloat value)
3).  Pelampung (kloater)
4).  Skep/katup gas (throtle value)
5).  Pemancar jarum
6).  Jarum skip/jarum gas (needle het)
7).  Pemancar besar (main jet)
8).  Pemancar kecil (slow jet)
9).  Skrup gas/baut langsam (trhottle screw)
10). Skrup udara/baut angin (air screw)
     c. Fungsi bagian-bagian karbulator
1).   Minyak karbulator
       Untuk menyimpan bahan bakar sementara sebelum digunakan
2).   Klep/ jarum pelampung
       Untuk mengatur masuknya bahan bakr ke dalam mangkuk karbulator
3).   Pelampung
       Untuk pengatur bahan bakar, agar tetap pada mangkuk karbulator
4).   Skep/katup gas
       Untuk mengatur banyaknya gas yang masuk ke dalam slinder
5).   Pemancar jarum
       Untuk memancarkan bahan bakar, pada waktu  motor di gas pol, besarnya bahan bakar yang keluar di atur oleh jarum  skep yang terangkat ketika di gas
6).   Jarum skip/jarum gas
       Untuk mengatur besarnya semprotan bahan bakar dari main nozzle pada waktu motor di gas
7).   Pemancar besar
       Untuk memancarkan bahan bakar ketika motor di gas penuh
8).   Pemancar kecil
       Untuk memancarkan bahan bakar waktu lamsam /stationer
9).   Skrup gas/baut langsam
       Untuk menyetel posisi skep sebelum di gas
10). Skrup udara/baut angin
       Untuk mengatur banyaknya udara yang kan di campurkan dengan  bahan bakar


D. Melepaskan dan membersihkan Karbulator
     1.  Alat
a. Obeng
b. Tang
c. Kunci pas
d. Kunci ring
e. Pompa angin
f. Kompresor
g. Kain lap
h. Kuas
i. Carbu cleaner
j. Tempat untuk menampung komponen

     2. Langsung Kerja
a). Tutup keran bensin dari tangki, kemudian  lepaskan semua seleng dari karbulator
b). Lepaskan karbulator dari dudukannya, simpanlah mur dan ring pada tempat yang sudah disediakan
c).  Buka saluran pembuangan bensin pada karbulator dan keluarkan bensin dari ruang pelampung
d).  Buka pelampung bensin dengan posisi karbulator terbalik
e).  Ambil jarum pelampung dengan  hati-hati, kemudian periksa apakah aus atau tidak bila aus atau  tergeras sebaiknya di ganti
f).  Lepaskan main jet, air screw dan lainya dengan hati-hati, bersihkan dengan udara bertekanan (kompresor). Simpan pada tempat yang tersedia
g).  Cucilah komponen-komponen  karbulator dengan bensin lalu semprot setiap salur udara dengan carbu cleaner.

h).  Bila semua komponen sudah di bersihkan dan di periksa, maka semua komponen tersebut siap di pasang kembali dengan urutan  langkah  kebalikannya dan pembongkaran.

E. Sebab-Sebab Gangguan Pada Karbulator
     a. Tidak menggunakan saringan  udara, mengakibatkan udara yang terhisap kotor
     b. Tidak pernah membersihkan karbulator


BAB IV
PENUTUP


A. Kesimpulan
Setelah melaksanakan praktek kerja industri (prakerin) di bengkel ARISTA Kuningan saya dapat menyimpulkan  bahwa :
1). Selama saya melaksanakan  praktik kerja industri di bengkel ARISTA Kuningan saya mendapat banyak pengalaman di bidang otomotif dan di dunia Industri.
2).   Disamping itu juga saya dapat membandingkan pelajaran yang diberikan di sekolah dengan pelajaran yang di berikan di bengkel ARISTA .
3).   Dapat meningkatkan kedisiplinan dan rasa tanggungjawab dalam  mentaati peraturan yang ada di bengkel.
4).   Saya mengucapkan terima kasih kepada bengkel yang telah bekerja sama dalam pelaksanaan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN).


B. Saran
1. Saran Untuk Sekolah
a).   Laporan yang telah dikumpulkan di mohon untuk di arsipkan sebagai bahan  referensi dalam pembuatan  laporan untuk kedepannya.
b).  Untuk Bapak/Ibu yang ditugaskan menjadi anggota monitoring di mohon datang pada jadwal monitoring yang telah di tentukan.

2. Saran Untuk Prodi
Untuk kedepannya sebelum  melaksanakan Prakerin sebaiknya memberikan pembekalan  yang lebih matang agar siswa-siswi dapat melaksanakan prakerin dengan baik.


3. Saran Lain
Untuk adik-adik yang akan melaksanakan Prakerin di tahun depan mohon untuk di persiapkan lagi lebih matang agar saat pelaksanaannya memberikan yang terbaik bagi perusahaan dan sekolah.

Semoga dengan selesainya laporan ini bisa di jadikan acuan dan dijadikan manfaat buat semua pihak khususnya buat adik-adik kelas yang kedepannya akan  melaksanakan Prakerin, untuk kritik dan sarannya saya sangat mengharapkan karena banyak kesalahan-kesalahan dengan penyusunan laporan ini.




DAFTAR PUSTAKA


https://novrizalbin muslim.wordpress.com/2012/09/07/modul-carbulator-engine
































LAMPIRAN-LAMPIRAN



AUTOBIOGRAFI SAYA


Saya yang bernama Rizky Anderesta bisa di panggil Riski, lahir di Kuningan pada tanggal 22 Maret 1999, saat ini saya beralamat di RT 01 RW 01 Desa Mandapajaya Kecamatan Cilebak Kabupaten Kuningan .

Dalam menyelesaikan pendidikan pertama ke Sekolah Dasar (SD) di SDN 1 Mandapajaya pada tahun 2005 dan lulus pada tahun 2011, pada tahun yang sama lalu melanjutkan ke Sekolah Menengah Pertama (SMP) di SMPN 2 Subang dan lulus pada tahun 2014, setelah  lulus  dari SMPN 2 Subang, kemudian saya melanjutkan pendidikan lagi ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di SMK AL-Ihya selajambe-Kuningan dengan mengambil jurusan TEKNIK SEPEDA MOTOR.










LAPORAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
“SISTEM KARBURATOR”
DIBENGKEL
ARISTA KUNINGAN


Disusun oleh :
RIZKY ANDRESTA
NIS        : 314 151 083
Kelas     : XI (Tehnik Sepeda Motor)




 












SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)
 AL-IHYA
SELAJAMBE – KUNINGAN
TAHUN 2016

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

1.    Judul                             :    Sistem Karburator
2.    Identitas Penyusun
       Nama                             :    Rizky Andresta
       NIS                               :    314 151 083
3.    Tempat Prakerin            :    Bengkel Arista Kuningan
       Bidang Sektor               :    Jasa
       Alamat                          :    Jl. Siliwangi No. 44 Kuningan
       No. Telp/Hp                  :


Laporan Praktek Kerja Industri (Prakerin) ini telah diperiksa dan
memenuhi syarat untuk di sidang

Menyetujui :

            Ketua Prodi TSM                                                    Guru Pembimbing



          JAJANG A.S, S.Pd                                              SARWA EDY, S.PD
         NIPY. …………………..                                      NIPY. …………………..



LEMBAR PENGESAHAN

Penguji dan pembimbing kantor


Laporan prakerin yang ditulis oleh :
Nama                               :    Rizky Andresta
NIS                                  :    314 151 083
Bidang Keahlian             :    Teknik Mesin
Kompetensi Keahlian      :    Teknik Sepeda Motor (TSM)
Tempat Prakerin              :    Bengkel Arista Kuningan
Waktu Pelaksanaan         :    Tanggal 04 Januari - 31 Maret 2016-04-08

Laporan Praktek Kerja Industri (Prakerin) ini telah diuji dan sietujui oleh :


                          Penguji I                                                   Penguji II,



                  DONI K.S, M.Pd.                                   JAJANG A.S, S.Pd
                  NIPY.                                                      NIPY.

Mengetahui,
Ketua Prodi



JAJANG A.S, S.Pd
NIPY. …………………..


KATA PENGANTAR

Puji syukur selalu saya sampaikan kehadirat Allah SWT, yang selalu memberi rahmat dan kemudahan kepada saya, sehingga saya mampu menyelesaikan laporan praktik industri (prakerin) ini diangkat dengan baik dan insya allah sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Sholawat beserta salam selalu saya panjatkan dan curahkan kepada Nabi kita Muhamad SAW, kepada keluarganya, para sahabatnya serta kepada kita selaku umatnya yang insya Allah patuh dan taat menjalankan perintah-Nya. Amin.
Dengan penuh rasa hormat dan santun saya mengucapkan banyak berterima kasih kepada :
1.    Yth. Bapak Nurdin, S.Pd.I selaku Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Al-Ihya Selajambe Kuningan.
2.    Yth. Bapak Mahmud H., S.Pd selaku Bidang Kurikulum Kesiswaan SMK Al-Ihya Selajambe.
3.    Yth. Bapak Jajang, S.Pd selaku Ketua Prodi Tehnik Sepeda Motor (STM) yang telah membimbing saya selama ini, hingga saya mampu mengerti dan memahami pelajaran produktif saya selama di SMK Al-Ihya Selajambe.
4.    Yth. Bapak Sarwa Edy, S.Pd selaku Guru Pembimbing Prakerin yang tidak pernah berhenti memberi semangat serta arah yang positif selama saya menjalani Praktik Kerja Industri (Prakerin).
5.    Yth. Bapak Nana Sutarna, S.Pd.I selaku Ketua Pelaksana Praktik Kerja Industri (Prakerin).
6.    Yth. Ibu Rosi Arsiani, S.Pd selaku Panitia Praktik Kerja Industri (Prakerin).
7.    Yth. Bapak Suharyadi selaku Pimpinan Perusahaan yang telah memberi izin dalam melaksanakan program Praktik Kerja Industri (Prakerin).
8.    Tak lupa keluarga yang sangat saya sayangi, yang selalu memberikan do’a yang tulus dan memberi motivasi setiap waktu kepada saya yang sangat berharga untuk saya selama ini, terutama dalam menyusun laporan Praktik Kerja Industri (Prakerin) ini.
9.    Semua pihak yang tidak ditulis oleh saya dalam penyusunan laporan praktik kerja industri (prakerin).
Yang telah membantu, memberi arahan, memotivasi dan membimbing saya sehingga mampu menyelesaikan susunan laporan praktik kerja industri (prakerin) dengan sebaik-baiknya. Semoga kebaikan bapak/ibu semua dibalas oleh Allah SWT dengan anugerah-Nya yang tidak berhenti-hentinya di dunia maupun di akhirat. Amin.
Mungkin dalam penyusunan laporan praktik kerja industri (prakerin) ini masih banyak kekurangan yang belum saya penuhi. Oleh karena itu, saya mengharapkan semua anggota untuk memakluminya dari kekurangan ini dan sangat mengahrapkan saran dan bantuan pemikiran dari semua pihak. Mudah-mudahan penyusunan laporan praktik kerja industri (prakerin) ini bermanfaat baik untuk saya maupun semua pihak serta mudah-mudahan laporan ini diridhoi Allah SWT.



Selajambe,   April 2016

RIZKY ANDRESTA


MOTO

1)        Kejujuran adalah melakukan sesuatu yang benar-benar walaupun tak sanggup tak seorang pun melihatnya.
2)        Kita akan berkembang ketika kita berfikir lebih banyak dan lebih baik.
3)        Manusia itu diciktakan untuk selalu berfikir dan berusaha. Jadi, berfikirlah dan berusahalah untuk mencapai cita-citamu.



DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR.................................................................................        i
MOTO...........................................................................................................        iii
DAFTAR ISI................................................................................................        iv

BAB I PENDAHULUAN
   A. Latar Belakang ......................................................................................        1
   B. Pembatasan Topik Laporan....................................................................        1
   C. Tujuan dan Manfaat Prakerin.................................................................        1
BAB II PELAKSANAAN PRAKERIN
   A. Waktu dan Tempat Prakerin...................................................................        3
   B. Sejarah Singkat Tempat Prakerin............................................................        3
   C. Visi dan Misi Tempat Prakerin...............................................................        3
   D. Struktur Organisasi.................................................................................        4
   E. Tugas dan fungsi.....................................................................................        5
BAB III PEMBAHASAN PELAKSANAAN PRAKERIN
   A. Jenis Pekerjaan Yang Dilakukan ...........................................................        6
   B. Hasil Yang Dicapai.................................................................................       11
   C. Tinjauan Teoritis.....................................................................................        11
BAB IV PENUTUP
   A. Kesimpulan ............................................................................................        15
   B. Saran ......................................................................................................        15
DAFTAR PUSTAKA..................................................................................        17
LAMPIRAN-LAMPIRAN

Komentar

Postingan Populer