laporan prakerin karburator
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar belakang
Praktik kerja industri adalah salah satu
penyelenggaraan pendidikan keahlian profesional yang memadukan secara
sistematika dan sikronasi antara pendidikan dan pengusaha keahlian yang
diperoleh selama kegiatan bekerja secara langsung di dunia usaha/industri dengan
menerapi suatu keahlian profesi tertentu. Begitu juga dalam suatu industri
perbengkelan. Dalam dunia perbengkelan banyak hal-hal yang harus selalu
diperhatikan dalam saat kendaraan, baik dalam roda dua maupun roda empat atau
yang lainnya yang saat ini banyak digunakan oleh kalangan masyarakat. Salah
satunya gangguan pada sistem bahan bakar.
Berdasarkan uraian di atas saya tertarik untuk memilih judul
laporan “SISTEM KARBURATOR” untuk dijadikan bahan laporan saya.
B. Pembatasan Topik Laporan
Adapun pembatasan topik laporan praktik kerja
industri (prakerin) sebagai berikut :
1. Apa fungsi dari karburator?
2. Bagian-bagian karburator?
3. Fungsi bagian-bagian karburator
4. Cara membersihkan karburator
C. Tujuan dan manfaat prakerin
1. Tujuan Prakerin
a. Menghsilkan
tenaga kerja yang memiliki keahlian berkualitas yaotu tenaga kerja yang
memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan, dan etos kerja yang sesuai dengan
tuntunan larangan kerja.
b. Memperoleh
link and march antara sekolah dengan
dunia kerja.
c. Meningkatkan
efektivitas dan efisiensi proses pendidikan dan peralihan tenaga kerja yang
berkualitas.
d. Memberi
pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses
pendidikan.
2. Manfaat Prakerin
a. Menambah
wawasan.
b. Membina
hubungan kerjasama yang baik anta sekolah dengan perusahaan.
c. Mendapat
pengalaman kerja agar ketika kita nanti bekerja tidak kaget dengan keadaan
dunia kerja.
BAB II
PELAKSANAAN PRAKERIN
A. Waktu dan Tempat Prakerin
Praktek Kerja Industri (Prakerin) yang saya
laksanakan yaitu dimulai pada tanggal 04 januari sampai tanggal 31 Maret 2016. Sedangkan
tempat pelaksanaan sewaktu saya prakerin bertempat di bengkel Arista kuningan
yang beralamat di Jl. Siliwangi No. 44 Kuningan.
B. Sejarah Singkat Tempat Prakerin
pada tahun 2003 berdirilah bengkel Arista
Kuningan dengan nama PT. MEGA TAMA
MANDIRI yang didirikan oleh Bapak Hartono Sohor dan pimpinan presiden direkturnya
dipimpin oleh Bapak Hartono Sohor. Sedangkan pimpinan kepala cabangnya di
pimpin oleh Bapak Dadan Hadiat. Namun Bapak Dadan Hadiat hanya menduduki
jabatannya sampai akhir tahun 2007 saja. Dan digantikan oleh Bapak Eko Wahono pada
awal tahun 2008 dan nama PT berubah nama yang tadinya PT. MEGA TAMA MANDIRI menjadi
PT. ARISTA MITRA LESTARI. Pada bulan Juli 2014 Bapak Eko Wahono digantikan oleh
Bapak Ahmad tapi bapak hanya sampai bulan Oktober tahun 2015 saja karena
diganti lagi oleh Bapak Suharyadi dan sampai sekarang Bapak Suharya memimpin
kepala cabang di bengkel arista kuningan.
C. Visi dan Misi Tempat Prakerin
Visi
Menjadi bengkel resmi Yamaha terbaik se-Kuningan
Misi
Memberikan pelayanan terbaik dan standar mutu
pada pelanggan yamaha dengan menjlankan proses kerja terbaik hingga tercapai
kepuasaan bagi pelanggan dan menyediakan produk dan suku cadang yang inokatif
dan bermutu dengan harga yang terjangkau oleh kalangan masyarakat.
D. Struktur oragnisasi
BENGKEL ARISTA
KUNINGAN
![]() |

E. Tugas dan Fungsi
1. Kepala
toko mempunyai tugas memimpin perusahaan dan service advistor mengkoordinator
dihasilkan dan mengendalikan bengkel dalam melaksanakan pekerjaan dan mempunyai
fungsi sebagai mekanik ahli dalam melakukan pekerjaan yang ada di bengkel.
2. Para
mekanik sebagai pelaksana mempunyai tugas dan fungsi melaksanakan pekerjaan
yang ada di bengkel.
BAB III
PEMBAHASAN PELAKSANAAN PRAKERIN
A. Jenis Pekerjaan Yang Dilakukan
Dalam
praktek kerja industri (prakerin).
Tempat Prakerin : Bengkel
Astra Kuningan
Kopetensi Keahlian : Tekhnik Sepeda
Motor (Tsm)
No.
|
Hari/Tanggal
|
Bidang
Pekerjaan
|
Uraian Pelaksanaan Kerja
|
1.
|
Senin,
04/01/2016
|
Perkenalan
|
|
2.
|
Selasa,
05/01/2016
|
Ganti kompas
rem cakram belakang
|
Lepaskan
pengunci kompas rem yang menempel pada kaliver dengan tang buaya. Lalu ambil
kampas rem dan ganti sama yang baru dan pasangkan kembali seperti semua.
|
3.
|
Rabu,
06/01/2016
|
Ganti oli
mesin
|
Buka tutup
pembuangan di yang ada dibawah mesin. Setelah dikeluarkan semua baru tutup
kembali, lalu buka kembali bagian atas dan masukan oli baru lalu tutup
kembali.
|
4.
|
Kamis,
07/01/2016
|
Ganti saringan
udara
|
Buka tutup saringan
dengan obeng + kunci 8 chock. Setelah terbuka ambil saringan dan ganti sama
yangbaru lalu pasangkan kembali seperti semula uraian pelaksanaan kerja
|
5.
|
Jum’at
08/01/2016
|
Ganti busi
|
Lepaskan
tutup cap busi, lalu buka busi dengan kunci setelah terbuka busi yang baru
kencangkan pasang cap busi kembali.
|
6.
|
Sabtu,
09/01/2016
|
Membersihkan
ruang bahan F1
|
Masukan SCR
pada F 1 tolkit set lalu di beri tekanan angin dan kompresor lalu bagian
slang F 1 tolkit Set dimasukan pada bagian F 1 motor setelah itu motor
dihidupkan dan tunggu ± 10 menit.
|
7.
|
Senin,
12/01/2016
|
Mengecek
bagian injektor
|
Masukan
indikator pada injektor tester lalu star→art bleading→on→jet amont→of→art breding→kirming,
sekitar 4 menit
|
8.
|
Selasa
12/1/2016
|
Ganti oli
gear
|
Buka tutup
oli bagian bawah, setelah oli keluar baru tutup kembali, dan buka tutup oli
bagian atas dan masukan oli lalu tutup krmbali
|
9.
|
Rabu
13/1/2016
|
Ganti
saringan oli
|
Buka tutup saringan
oli lalu lepaskan saringan oli dan pasang saringan oli yang baru
|
10.
|
Kamis
14/1/2016
|
Menyetel
rantai
|
Kendurkan AS
roda lalu atur angka yang ada di setelan rantai, lalu kencangkan kembali
|
11.
|
Jumat
15/1.2016
|
Ganti kampas
rem cakram
|
Lepaskan pengunci
kampas rem dengan tang lalu copot kampas dan ganti sama yang baru lalu
pasangkan kembali
|
12.
|
Sabtu
16/1/2016
|
Tune up
|
Membersiskan
karburator
|
13.
|
Senin
18/01/2016
|
Servis
saringan CVT
|
Buka tutup
saringan CUT, lalu colot saringan rendam pada bensin dan keringkan dengan
angin kompesresor lalu pasangkan kembali.
|
14.
|
Selasa,
19/01/2016
|
Ganti-belt
|
Buka tutp
blok V-belt, lalu rumah kopling ambil V-Belt ganti sama yang baru lalu
pasangkan kembali semua seperti semula
|
15.
|
Rabu
20/01/2016
|
Ganti gear
set
|
Lepaskan
rantai dari gear lalu buka ban lepaskan gear dari tromol dan gear depan lalu
pasang gear set yang baru.
|
16.
|
Kamis,
21/01/2016
|
Ganti ban
luar
|
Lepaskan mur
as roda cabut as roda sdan ban setelah itu cungkil ban luar dari pelk setelah
lepas pasangkan ban yang baru dan pasangkan kembali
|
17.
|
Jum’at
22/01/2016
|
Mengecek
bagian injeksi
|
Cabut soket
yang ada pada dekat batrai lalu sambungkan dengan kabel yang ada dari
komputer lalu cek
|
18.
|
Sabtu
23/01/2016
|
Ganti oli
mesin
|
Buka tutup
pembuangan di yang ada dibawah mesin. Setelah dikeluarkan semua baru tutup
kembali, lalu buka kembali bagian atas dan masukan oli baru lalu tutup
kembali.
|
19.
|
Senin
25/01/2016
|
Servis
saringan CVT
|
Buka tutup
saringan CUT, lalu colot saringan rendam pada bensin dan keringkan dengan
angin kompesresor lalu pasangkan kembali.
|
20.
|
Selasa,
26/01/2016
|
Ganti
saringan udara
|
Buka tutup
saringan dengan obeng + kunci 8 chock. Setelah terbuka ambil saringan dan
ganti sama yangbaru lalu pasangkan kembali seperti semula uraian pelaksanaan
kerja
|
21.
|
Rabu,
27/01/2016
|
Ganti lapu
depan
|
Buka baut
yang ada dibatok kepala lalu cabut soket lampu lalu cabut lampu dan ganti
lalu pasangkan kembali
|
22.
|
Kamis,
28/01/2016
|
Menguras
minyak rem
|
Buka tutup
breake pluid dan buka baut yang ada dikaliver lalu handle di rem di tekan
hingga minyak rem kluar semua lalu tutup baut diliver masukan minyak rem baru
dan pasangkan kembali
|
23.
|
Jum’at
29/01/2016
|
Ganti rem
tromol
|
Lepaskan roda
daro sasis lalu lepaskan kompas sdari tromol anti sama eyang baru lalu
pasangkan kembali seperti semula
|
24.
|
Sabtu,
30/01/2016
|
Ganti karet
tromol
|
Lepaskan roda
lalu copot karet tromol dan pasangkan yangbaru lalu pasangkan kembali seperti
semula.
|
25.
|
Minggu
31/01/2016
|
Ganti beaning
roda
|
Lepaskan roda
lalu lepaskan sbening dari dudukannya dan pasangkan yang kembali serti semua.
|
26.
|
Senin,
01/02/2016
|
Ganti Oli Mesin
|
Buka tutup
oli bagian bawah, setelah oli keluar baru tutup kembali, dan buka tutup oli
bagian atas dan masukan oli baru setelah selesai tutup krmbali
|
27.
|
Selasa,
02/02/2016
|
Mengganti
Batrai
|
Lepaskan
kabel (+) terlebih dahulu, lalu kabel (-), pasang batrai baru pada saat
memasang pasangkan kabel (-) terlebih dahulu baru kabel (+).
|
28.
|
Rabu
03/02/2016
|
Ganti
piringan cakram
|
Lepaskan
roda, lalu lepaskan piringan cakram dengan
kunci L lalu pasang piringan yang baru dan pasangkan kembali seperti
semula
|
29.
|
Kamis,
04/02/2016
|
Sevice trotol
bodi F1
|
Lepaskan
iterlebih dahulu trotol bodi dari motor setelah itu bersihkan dengan carb
clener agar semua kotoran lepas, lalu lepaskan kembali dengan bensin lalu
semprot pakai angin
|
30.
|
Jumat
05/02/2016
|
Ganti saringan
Udara
|
Buka tutup
saringan ,ambil saringan ,
Ganti
saringan .pasangkan kembali
|
31
|
Sabtu
06/02/2016
|
Ganti kampas
Rem cakram
|
Lepaskan pegunci kampas, lalu copot
Kampas
.pasang kampas baru lalu pasangkan kembali
|
32.
|
Minggu
07/02/2016
|
Membersihkan
Saringan cut
|
Lepaskan
tutup saringan ,ambil saringan rendam dalam bensin ,keringkan saringan
,pasangkan saringan
|
33.
|
Selasa
09/02/2016
|
Membersihkan
kotoran yang menempel pada kabel gas
|
Menggunakan
bensin dan oli
|
34.
|
Rabu
10/02/2016
|
Ganti oli
Gear
|
Buka tutup
bawah setelah oli keluar
Tutup kembali
.buka tutup aras masukan oli setelah selesai tutupkembali
|
35.
|
Kamis,
11/02/2016
|
Ganti kampas
rem cakram
|
Buka pengunci
kampas rem lalu lepaskan kampas rem,
ganti kampas rem
|
36.
|
Jum’at, 12/02/2016
|
Ganti kunci
kontak
|
Lepaskan bodi
depan lalu lepaskan kunci kontak, cabut soket kontak pasang kontak baru
sambungkan soketnya lalu pasangkan kembali bodi depan
|
37.
|
Sabtu,
13/02/2016
|
Membersihkan
ruang bahan bakar F 1
|
Masukan SCR
F1 tool kir SCR angin pada pF1 toolkir set, sambungkan selang F1 tookir ke
injektor dan motor dihidupkan tunggu kurang lebih 10 menit
|
38.
|
Minggu
14/02/2016
|
Tune up
|
Membersihkan karburator
|
39.
|
Senin,
15/02/2016
|
Ganti oli
mesin
|
Buka tutup
pembuangan oli setelah oli keluar tutup kembali lalu buka tutup atas masukan
oli baru dan tutup kembali
|
40.
|
Selasa, 16
/02/2016
|
Mengganti
saringan udara
|
Lepaskan
tutup saringan ambil saringan lalu pasang saringan baru dan tutup kembali
|
41.
|
Rabu,
17/02/2016
|
Membersihkan
saringan CUT
|
Buka tutup
saringan ambil saringan lalu rendam pada bensin, lalu keringkan kembali dan
pasang
|
42.
|
Kamis,
18/02/2016
|
Ganti oli
|
Buka tutup
bawah setelah oli keluar semua baru tutup kembali lalu buka tutup atas
masukan oli baru dan tutup kembali
|
43.
|
Jum’at,
19/02/2016
|
Menguras
minyak rem
|
Buka tutup
minyak rem dan baut yang ada di kaliver lalu tekan, tekan handle rem
|
44.
|
Sabtu,
20/02/2016
|
Ganti busi
|
Cabut cap
busi lalu lepaskan busi dengan kunci
busi pasang busi baru lalu cap busi
|
45
|
Minggu.
21/02/2016
|
Membersihkan
kawat kopling
|
Menggunakan
bensin dan oli
|
46.
|
Senin,
22/02/2016
|
Ganti knalpot
|
Buka
kenalpot, pasangkan knalpot baru
|
47.
|
Selasa,
23/02/2016
|
Mengganti
master rem
|
Pertama
lepaskan handle rem lalu karet master
lalu spi lalu cabut dan pasangkan
master yang baru seperti semula
|
48.
|
Rabu,
24/02/2016
|
Ganti handle
rem
|
Lepaskan handle rem lalu pasang handle rem yang baru
|
49.
|
Kamis,
25/02/2016
|
Ganti kampas
rem tromol
|
Lepaskan
kenalpot lalu lepaskan roda setelah itu cabut kampas dan pasang yang baru.
|
50.
|
Jum’at,
26/02/2016
|
Ganti bering
roda
|
Lepaskan roda
lalu lepaskan bering dari dudukannya dan pasang bering baru
|
51.
|
Sabtu,
27/02/2016
|
Service
ringan
|
Mengecek
busi, saringan udara , saringan cut
|
52.
|
Minggu.
28/02/2016
|
Ganti kampas
rem cakram
|
Lepaskan
pengunci kampas lalu cabut kampas, pasang kampas baru seperti semula
|
53.
|
Senin,
29/02/2016
|
Ganti handle
rem
|
Lepaskan handle rem yang mau diganti lalu pasang handle rem yang baru
|
54.
|
Selasa,
01/03/2016
|
Ganti lampu
depan
|
Lepaskan batok kepala lalu cabut soket lampu lalu
copot lampu dan ganti sama yang baru
|
55.
|
Rabu.
02/03/2016
|
Ganti
saringan udara
|
Buka tutup
saringan copot saringan pasang saringan baru lalu tutup kembali
|
56.
|
Kamis,
03/03/2016
|
Memberihkan
injektor
|
Pasangkan
injektor pada injektor tester lalu star, air breding, on jet a mont, of
bleding, kliming, kurang lebih 4 menit
|
57.
|
Jum’at,
04/03/2016
|
Ganti oli
shok
|
Lepaskan shok
dari dudukan segitiga lalu lepaskan pengunci atas oli, setelah oli keluar
semua baru di ganti sama oli baru dan pasangkan kembali seperti semula
|
58.
|
Sabtu,
05/03/2016
|
Membersihkan
saringan CUT
|
Buka tutup
saringan ambil saringan lalu rendam pada bensin, lalu keringkan kembali dan
pasang
|
59.
|
Minggu,
06/03/2016
|
Tune up
|
Membersihkan karburator
|
B. Hasil Yang Dicapai
Saya dapat melakukan pekerjaan sistem bahan
bakar sesuai dengan Standar Oprasional Prosedur (SOP) di tempat praktek kerja
industri (prakerin).
C. Tinjauan Teoritis
1. Karburator
a. Fungsi
1).
Untuk mengatur udara dan bahan bakar ke dalam saluran isap yang dilanjutkan ke dalam silinder
2).
Untuk mengatur suatu perbandingan antara
bahan bakar dan udara, pada beban kecepatan motor
3).
Untuk mencapur bahan bakar udara secara
merata
b. Bagian-bagian
karburator
1). Mangkok
karbulator (float chamber)
2). Klep/jarum
pelampung (kloat value)
3). Pelampung
(kloater)
4). Skep/katup gas
(throtle value)
5). Pemancar jarum
6). Jarum
skip/jarum gas (needle het)
7). Pemancar besar
(main jet)
8). Pemancar kecil
(slow jet)
9). Skrup gas/baut
langsam (trhottle screw)
10). Skrup udara/baut angin (air screw)
c.
Fungsi bagian-bagian karbulator
1). Minyak
karbulator
Untuk
menyimpan bahan bakar sementara sebelum digunakan
2). Klep/
jarum pelampung
Untuk
mengatur masuknya bahan bakr ke dalam mangkuk karbulator
3). Pelampung
Untuk
pengatur bahan bakar, agar tetap pada mangkuk karbulator
4). Skep/katup
gas
Untuk
mengatur banyaknya gas yang masuk ke dalam slinder
5). Pemancar
jarum
Untuk
memancarkan bahan bakar, pada waktu
motor di gas pol, besarnya bahan bakar yang keluar di atur oleh
jarum skep yang terangkat ketika di gas
6). Jarum
skip/jarum gas
Untuk
mengatur besarnya semprotan bahan bakar dari main nozzle pada waktu motor di
gas
7). Pemancar
besar
Untuk
memancarkan bahan bakar ketika motor di gas penuh
8). Pemancar
kecil
Untuk
memancarkan bahan bakar waktu lamsam /stationer
9). Skrup
gas/baut langsam
Untuk
menyetel posisi skep sebelum di gas
10). Skrup udara/baut angin
Untuk
mengatur banyaknya udara yang kan di campurkan dengan bahan bakar
D. Melepaskan dan membersihkan Karbulator
1. Alat
a. Obeng
b. Tang
c. Kunci pas
d. Kunci ring
e. Pompa angin
f. Kompresor
g. Kain lap
h. Kuas
i. Carbu cleaner
j. Tempat untuk menampung komponen
2.
Langsung Kerja
a). Tutup keran bensin dari tangki,
kemudian lepaskan semua seleng dari
karbulator
b). Lepaskan karbulator dari dudukannya,
simpanlah mur dan ring pada tempat yang sudah disediakan
c). Buka
saluran pembuangan bensin pada karbulator dan keluarkan bensin dari ruang
pelampung
d). Buka
pelampung bensin dengan posisi karbulator terbalik
e). Ambil
jarum pelampung dengan hati-hati,
kemudian periksa apakah aus atau tidak bila aus atau tergeras sebaiknya di ganti
f). Lepaskan
main jet, air screw dan lainya dengan hati-hati, bersihkan dengan udara
bertekanan (kompresor). Simpan pada tempat yang tersedia
g). Cucilah
komponen-komponen karbulator dengan
bensin lalu semprot setiap salur udara dengan carbu cleaner.
h). Bila
semua komponen sudah di bersihkan dan di periksa, maka semua komponen tersebut
siap di pasang kembali dengan urutan
langkah kebalikannya dan
pembongkaran.
E. Sebab-Sebab Gangguan Pada Karbulator
a.
Tidak menggunakan saringan udara,
mengakibatkan udara yang terhisap kotor
b.
Tidak pernah membersihkan karbulator
BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
Setelah melaksanakan praktek kerja industri
(prakerin) di bengkel ARISTA Kuningan saya dapat menyimpulkan bahwa :
1). Selama saya melaksanakan praktik kerja industri di bengkel ARISTA
Kuningan saya mendapat banyak pengalaman di bidang otomotif dan di dunia
Industri.
2). Disamping
itu juga saya dapat membandingkan pelajaran yang diberikan di sekolah dengan
pelajaran yang di berikan di bengkel ARISTA .
3). Dapat
meningkatkan kedisiplinan dan rasa tanggungjawab dalam mentaati peraturan yang ada di bengkel.
4). Saya
mengucapkan terima kasih kepada bengkel yang telah bekerja sama dalam
pelaksanaan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN).
B. Saran
1. Saran Untuk Sekolah
a). Laporan
yang telah dikumpulkan di mohon untuk di arsipkan sebagai bahan referensi dalam pembuatan laporan untuk kedepannya.
b). Untuk
Bapak/Ibu yang ditugaskan menjadi anggota monitoring di mohon datang pada
jadwal monitoring yang telah di tentukan.
2. Saran Untuk Prodi
Untuk kedepannya sebelum
melaksanakan Prakerin sebaiknya memberikan pembekalan yang lebih matang agar siswa-siswi dapat
melaksanakan prakerin dengan baik.
3. Saran Lain
Untuk adik-adik yang akan melaksanakan Prakerin di tahun
depan mohon untuk di persiapkan lagi lebih matang agar saat pelaksanaannya memberikan
yang terbaik bagi perusahaan dan sekolah.
Semoga dengan selesainya laporan ini bisa di
jadikan acuan dan dijadikan manfaat buat semua pihak khususnya buat adik-adik
kelas yang kedepannya akan melaksanakan
Prakerin, untuk kritik dan sarannya saya sangat mengharapkan karena banyak
kesalahan-kesalahan dengan penyusunan laporan ini.
DAFTAR PUSTAKA
http://www.smknperkapalan.net./pustamaya/produktif/mo/pemeliharaan/%20servis20engine%dan%komponen.pdf
LAMPIRAN-LAMPIRAN
AUTOBIOGRAFI SAYA
Saya yang bernama Rizky Anderesta bisa di
panggil Riski, lahir di Kuningan pada tanggal 22 Maret 1999, saat ini saya
beralamat di RT 01 RW 01 Desa Mandapajaya Kecamatan Cilebak Kabupaten Kuningan
.
Dalam menyelesaikan pendidikan pertama ke
Sekolah Dasar (SD) di SDN 1 Mandapajaya pada tahun 2005 dan lulus pada tahun
2011, pada tahun yang sama lalu melanjutkan ke Sekolah Menengah Pertama (SMP)
di SMPN 2 Subang dan lulus pada tahun 2014, setelah lulus dari SMPN 2 Subang, kemudian saya melanjutkan
pendidikan lagi ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di SMK AL-Ihya
selajambe-Kuningan dengan mengambil jurusan TEKNIK SEPEDA MOTOR.
LAPORAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
“SISTEM KARBURATOR”
DIBENGKEL
ARISTA KUNINGAN
Disusun oleh :
RIZKY ANDRESTA
NIS : 314 151 083
Kelas : XI (Tehnik Sepeda Motor)
![]() |
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)
AL-IHYA
SELAJAMBE – KUNINGAN
TAHUN 2016
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING
1. Judul
: Sistem Karburator
2. Identitas
Penyusun
Nama
: Rizky Andresta
NIS
: 314 151 083
3. Tempat
Prakerin : Bengkel Arista Kuningan
Bidang
Sektor : Jasa
Alamat
: Jl. Siliwangi No. 44 Kuningan
No.
Telp/Hp :
Laporan Praktek Kerja Industri (Prakerin) ini telah
diperiksa dan
memenuhi syarat untuk di sidang
Menyetujui :
Ketua
Prodi TSM Guru
Pembimbing
JAJANG
A.S, S.Pd SARWA
EDY, S.PD
NIPY. ………………….. NIPY. …………………..
LEMBAR PENGESAHAN
Penguji dan pembimbing kantor
Laporan prakerin yang ditulis oleh :
Nama :
Rizky Andresta
NIS :
314 151 083
Bidang Keahlian : Teknik Mesin
Kompetensi Keahlian : Teknik Sepeda Motor (TSM)
Tempat Prakerin : Bengkel Arista
Kuningan
Waktu Pelaksanaan : Tanggal 04 Januari
- 31 Maret 2016-04-08
Laporan Praktek Kerja Industri (Prakerin) ini
telah diuji dan sietujui oleh :
Penguji
I Penguji
II,
DONI K.S, M.Pd. JAJANG A.S, S.Pd
NIPY. NIPY.
Mengetahui,
Ketua Prodi
JAJANG A.S, S.Pd
NIPY. …………………..
KATA PENGANTAR
Puji syukur selalu saya sampaikan kehadirat
Allah SWT, yang selalu memberi rahmat dan kemudahan kepada saya, sehingga saya
mampu menyelesaikan laporan praktik industri (prakerin) ini diangkat dengan
baik dan insya allah sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Sholawat
beserta salam selalu saya panjatkan dan curahkan kepada Nabi kita Muhamad SAW,
kepada keluarganya, para sahabatnya serta kepada kita selaku umatnya yang insya
Allah patuh dan taat menjalankan perintah-Nya. Amin.
Dengan penuh rasa hormat dan santun saya
mengucapkan banyak berterima kasih kepada :
1. Yth. Bapak Nurdin, S.Pd.I selaku Kepala
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Al-Ihya Selajambe Kuningan.
2. Yth. Bapak Mahmud H., S.Pd selaku Bidang
Kurikulum Kesiswaan SMK Al-Ihya Selajambe.
3. Yth. Bapak Jajang, S.Pd selaku Ketua Prodi
Tehnik Sepeda Motor (STM) yang telah membimbing saya selama ini, hingga saya
mampu mengerti dan memahami pelajaran produktif saya selama di SMK Al-Ihya
Selajambe.
4. Yth. Bapak Sarwa Edy, S.Pd selaku Guru
Pembimbing Prakerin yang tidak pernah berhenti memberi semangat serta arah yang
positif selama saya menjalani Praktik Kerja Industri (Prakerin).
5. Yth. Bapak Nana Sutarna, S.Pd.I selaku Ketua
Pelaksana Praktik Kerja Industri (Prakerin).
6. Yth. Ibu Rosi Arsiani, S.Pd selaku Panitia
Praktik Kerja Industri (Prakerin).
7. Yth. Bapak Suharyadi selaku Pimpinan
Perusahaan yang telah memberi izin dalam melaksanakan program Praktik Kerja
Industri (Prakerin).
8. Tak lupa keluarga yang sangat saya sayangi,
yang selalu memberikan do’a yang tulus dan memberi motivasi setiap waktu kepada
saya yang sangat berharga untuk saya selama ini, terutama dalam menyusun
laporan Praktik Kerja Industri (Prakerin) ini.
9. Semua pihak yang tidak ditulis oleh saya dalam
penyusunan laporan praktik kerja industri (prakerin).
Yang telah membantu, memberi arahan,
memotivasi dan membimbing saya sehingga mampu menyelesaikan susunan laporan
praktik kerja industri (prakerin) dengan sebaik-baiknya. Semoga kebaikan
bapak/ibu semua dibalas oleh Allah SWT dengan anugerah-Nya yang tidak
berhenti-hentinya di dunia maupun di akhirat. Amin.
Mungkin dalam penyusunan laporan praktik kerja
industri (prakerin) ini masih banyak kekurangan yang belum saya penuhi. Oleh
karena itu, saya mengharapkan semua anggota untuk memakluminya dari kekurangan
ini dan sangat mengahrapkan saran dan bantuan pemikiran dari semua pihak.
Mudah-mudahan penyusunan laporan praktik kerja industri (prakerin) ini
bermanfaat baik untuk saya maupun semua pihak serta mudah-mudahan laporan ini diridhoi
Allah SWT.
Selajambe, April 2016
RIZKY ANDRESTA
MOTO
1)
Kejujuran adalah melakukan sesuatu yang benar-benar
walaupun tak sanggup tak seorang pun melihatnya.
2)
Kita akan berkembang ketika kita berfikir lebih banyak
dan lebih baik.
3)
Manusia itu diciktakan untuk selalu berfikir dan
berusaha. Jadi, berfikirlah dan berusahalah untuk mencapai cita-citamu.
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR................................................................................. i
MOTO........................................................................................................... iii
DAFTAR ISI................................................................................................ iv
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
...................................................................................... 1
B. Pembatasan
Topik Laporan.................................................................... 1
C. Tujuan dan Manfaat
Prakerin................................................................. 1
BAB II PELAKSANAAN PRAKERIN
A. Waktu dan
Tempat Prakerin................................................................... 3
B. Sejarah
Singkat Tempat Prakerin............................................................ 3
C. Visi dan Misi
Tempat Prakerin............................................................... 3
D. Struktur
Organisasi................................................................................. 4
E. Tugas dan
fungsi..................................................................................... 5
BAB III PEMBAHASAN PELAKSANAAN PRAKERIN
A. Jenis
Pekerjaan Yang Dilakukan ........................................................... 6
B. Hasil Yang
Dicapai.................................................................................
11
C. Tinjauan
Teoritis..................................................................................... 11
BAB IV PENUTUP
A. Kesimpulan ............................................................................................ 15
B. Saran ...................................................................................................... 15
DAFTAR PUSTAKA.................................................................................. 17
LAMPIRAN-LAMPIRAN
Komentar
Posting Komentar