Proposal Kerja Sama PRAMUKA



BAB I
PENDAHULUAN


A.      Latar Belakang
Dalam rangka mengembangkan pendidikan dan pembinaan Bangsa melalui pendidikan luar sekolah (ekstrakulikuler) yang di wadahi dalam kegiatan kepramukaan yang tertuang dalam UU No. 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.
Sebagai perwujudan awal dalam mencetak peserta didik yang disiplin, inovatif, kreatif dan produktif tidak cukup dengan hanya duduk diam di bangku sekolah, untuk itu kegiatan ekstrakulikuler pramuka  sebagai salah satu penunjang untuk penanaman kedewasaan pada peserta didik.
Dalam kegiatan kepramukaan terdapat beberapa tahapan dimana didalamnya sebagai penanaman sikap yang disiplin, inovatif, kreatif dan produktif untuk bekal peserta didik  dalam melanjutkan prospek kehidupan di masa mendatang. Maka setelah melewati beberapa tahapan kini akan di laksanakan tahapan Latihan Kepengurusan Dewan Ambalan (LKDA) I 2016 Pangkalan SMK Al- Ihya Selajambe Gugus depan 15041-15042.

B.       Dasar Pemikiran
1.              Melaksanakan Program Kerja Gugus Depan 15041-15042 pangkalan SMK Al-Ihya Selajambe,
2.             Sebagai sarana untuk meningkatkan mutu kepengurusan Dewan Ambalan baik di Gudep SMK Al-Ihya Selajambe maupun Gudep lain.
3.             Sebagaibentuk wujud perubahan Gerakan Pramuka di bidang Administrasi agar sesuai SK KN.941 Tahun 1995.
4.             Sebagai sarana untuk mempererat tali silaturahmi antar anak pramuka SMK Al-Ihya Selajambe dengan Gudep lainnya.



C.      Nama dan Waktu Kegiatan
Untuk menyelaraskan kegiatan ini maka dipandang perlu mencantumkan nama kegiatan, adapun nama kegiatan ini adalah Latihan Kepengurusan Dewan Ambalan (LKDA) I 2016 yang bertemakan “Melalui Garda Depan Pramuka, Bersama Kita Menuju Perubahan Dalam Membentuk Kinerja Kaum Muda”, pangkalan SMK Al-Ihya Selajambe Ambalan Ali Bin AbiThalib dan Siti AisyahGudep 15041-15042 yang akan diselenggarakan :
Hari                          : Selasa-Kamis
Tanggal                    : 20-22 Desember 2016
Tempat                     : SMK Al-Ihya Selajambe

D.      Tujuan Kegiatan
1.             Menerapkan dan mengamalkan Dasa Dharma dan Trisatya
2.             Menguji fisik, mental dan kemampuan peserta LKDA
3.             Menjunjung tinggi rasa kebersamaan dan saling menghormati
4.             Menerapkan dan meningkatkan kedisiplinan, mempererat tali silaturahmi sesama Anggota Pramuka
5.             Merubah tata Administrasi sesuai dengan SK KN. 941 Tahun 1995
6.             Melatih kemandirian dan tanggung jawab
7.             Meningkatkan mutu kepengurusan Dewan Ambalan Gudep SMK
                  Al-Ihya Selajambe maupun Gudep lain


BAB II
PELAKSANAAN

A.     Waktu dan Tempat Kegiatan
            Kegiatan dilaksanakan pada:
1.      Technical Meeting
Hari / Tanggal       :    Kamis, 15 Desember 2016
Waktu                   :    13:00 s/d selesai
Tempat                  :    Kampus SMK Al-Ihya Selajambe
2.      Pelaksanaan
Hari                              : Selasa-Kamis
Tanggal                        : 20-22 Desember 2016
Waktu                          : 07.00 WIB – selesai
Tempat                        : SMK Al-Ihya Selajambe        

B.       Persyaratan Umum
1.      Aktif di Gugus Depan.
2.      Usia 16-20 Tahun.
3.      Fotocopy identitas diri (KTP, KTA, Kartu OSIS,).
4.      Peserta tiap sekolah tidak dibatasi.
5.      Membawa surat izin dari Orang Tua/Wali.
6.      Menyerahkan photo Berseragam Pramuka Lengkap berukuran 3x4 sebanyak 2 buah serta    berukuran 3R berpose bebas (satu buah).
7.      Sanggupmematuhi tata tertib yang berlaku selama kegiatan.
8.      Sehat jasmani rohani.
9.      Registrasi peserta pada hari Sabtu, 17 Desember 2016.
10.  Semua berkas dimasukan kedalam map berwarna hijau.
11.  Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Contact Person Kak Wiwin Winaningsih (085323784810).
12.  Membayar biaya pendaftaran Rp. 50.000,- (lima puluh ribu rupiah) per-orang dengan fasilitas: konsumsi, skrap dan sertifikat kegiatan.

C.      Perlengkapan Peserta
1.    Membawa pakaian : seragam pramuka lengkap, batik, (putra celana bahan kain berwarna hitam dan putri membawa rok berwarna hitam, berkerudung hitam).
2.    Membawa peralatan olahraga (baju dan sepatu).
3.    Membawa laptop/notebook bagi yang memiliki 1 (satu) unit.
4.    Membawa peralatan tidur (tikar)
5.    Membawa peralatan pribadi (alat shalat, alat mandi dan obat pribadi)
6.    Membawa alat tulis (ATM, papan ujian).
7.    Membawa lem kertas dan solasi.
8.    Membawa peralatan makan lengkap.
9.    Membawa CD kosong atau flashdisk.


D.      Susunan Panitia (Terlampir)
      
E.      Jadwal Kegiatan (Terlampir)

F.     Rincian Dana (Terlampir)

G.    Penutup












BAB III
PENUTUP

Demikian proposal ini dibuat dan disampaikan agar dapat digunakan bahan pertimbangan yang akan mendukung jalannya kegiatan Latihan Kepengurusan Dewan Ambalan pangkalan SMK Al-Ihya Selajambe, gugus depan 15041-15042, mohon maaf bila terdapat kesalahan dalam pembuatan proposal ini.
Akhirnya kami ucapkan terimakasih kepada semua pihak atas segala bantuannya dan pertisipasinya, semoga amal bakti kita semua mendapat ridho Tuhan Yang Maha Esa.



                                                           
Selajambe, 13 Desember 2016


Panitia


Komentar

Postingan Populer