MAKALAH
MENINGKATKAN KEBERSAMAAN DAN
KEKOMPAKAN MELALUI KEGIATAN BELAJAR
KELOMPOK PESERTA DIDIK SMAN 1 SUBANG
DISUSUN OLEH :
NAMA : SHANTI
SUNDARI
KELAS : XI
IPS 3
PEMERINTAH KABUPATEN KUNINGAN
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
SMA NEGERI 1 SUBANG KUNINGAN
Jalan H.O. Iskandar No. 04 Subang Telp (0232)
6000159
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas
rahmat-Nya penulis dapat menyelesaikan penyusunan makalah yang berjudul “uapaya
meningkatkan kesadaran siswa SMA Negeri 1 Sunamg terhadap Kerapihan”. Ini dengan baik. Karya tulis ini disusun dalam
rangka memenuhi tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada :
1.
Bapak Suhanan, M.Pd. selaku
guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia yang telah memberikan materi, sehingga
saya memiliki tambahan ilmu.
2.
Orang tua yang telah
memberikan motivasi yaitu berupa material dan do’a
3.
Teman-teman yang telah
membantu saya mengerjakan makalah ini
Semoga dengan adanya Karya Tulis Ilmiah ini dapat bermanfaat bagi
pembaca serta dapat menyedarkan peserta didik SMA Negeri 1 Subang untuk meningkatkan
kebersamaan dan kekompakan dalam kegiatan belajar
Subang, Mei 2016
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ..................................................................................
DAFTAR ISI .................................................................................................
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang MAsalah .............................................................
1.2 Rumusan MAsalah ......................................................................
1.3 Tujuan Penulisan .........................................................................
1.4 Manfaat Penulisan .......................................................................
BAB II LANDASAN TEORI
2.1 Kebersamaan dan kekompakan ..................................................
2.2 Manfaat kekompakan fan kebersamaan .....................................
BAB III PEMBAHASAN
3.1 Kebersamaan dan kekompakan belajar kelompok peserta didik SMAN
1 Subang
3.2 Cara meningkatkan kebersamaan dan kekompakan belajar kelompok
peserta didik SMAN 1 Subang ............................................................................................................
BAB IV PENUTUP
4.1 Simpulan ......................................................................................
4.1 Saran ............................................................................................
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang Masalah
Kekompakan merupakan bekerja
sama secara teratur dan rapi, bersatu padu dalam menghadapi suatu pekerjaan
yang biasanya ditandai adanya ketergantungan kekompakan juga ditandai dengan
kuatnya hubungan antar tim yang saling ketergantungan dalam urusan tugas, hasil
yang ingin dicapai dan komitmen yang tinggi sebagai dan bagian dari tim.
Kekompakan merupakan salah
satu interaksi yang mutlak harua asa peserta didik sebagai mahluk sosial yang
tidak mungkin hidup sendiri tanpa bantuan orang lain.
Kekompakan merupakan suatu
hal yang sangat penting dalam pembelajaran itu kekompakan mutlak harus dimiliki
peserta didik sebagai modal dalam melaksanakan model pembelajaran aktif menurut
kurikulum tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
1.2
Rumusan Masalah
1.1 Bagaimana kebersamaan dan kekompakan dalam belajar kelompok peserta
didik SMAN 1 Subang?
1.2 Bagaimana cara meningkatkan kebersamaan dan kekompakan belajar
kelompok peserta didik SMAN 1 Subang?
1.3
Tujuan Penulisan
2.1 Untuk mengetahui
kebersamaan dan kekompakan dalam belajar kelompok peserta didk SMAN 1 Subang
2.2 Untuk mengetahui cara meningkatkan
kebersamaan dan kekompakan dalam belajar kelompok peserta didik 1 Subang
1.4
Manfaat Penulisan
3.1 Bagi penyusun dapat mengetahui seberapa besar kebersamaan dan
kekompakan dalam belajar kelompok pesrta didik SMAN 1 Subang.
3.2 Dapat mengetahu cara meningkatkan kebersamaan dan kekompakan
belajar kelompok peserta didik SMAN 1 Subang.
BAB II
LANDASAN TEORI
2.1 Pengertian Disiplin
1.
Pengertian Kebersamaan
Diambil dari kata dasar kebersamaan yang mempunyai kepanjangan dari
:
B Ulet Tekad
E Ratkan Hubungan
R Asakan
S emangat dalam diri
A kan tanggung Jawab
M anusia
A akn tugasmu
Sepintas membaca kepanjangan diatas terlintas dalam gerak kita
adalah bersama untuk menjalankan tanggung jawab terhadap suatu tugas yang itu
merupakan pengertian salam arti sempit dari kepanjangan diatas, arti
kebersamaan ditekankan pada huruf E = eratkan hubungan kebersamaan adalah rasa
dari dalam diri untuk selalu berusaha mempererat hubungan dengan orang lain
untuk menuju kekompakan.
2.
Pengertian Kekompakan
Diambil dari kata dasar kompak, yang dimaksud kompak disini adalah
:
K = koreksi pribadi
O = Orasikan
M = masalah
P = pada
A = Akarnya
K = kebersamaan
Hampir 70% kegagalan dalam suatu kegiatan disebabkan kurang kompak
atau bahasa organisasinya kurang koordiansi dan untuk membenahinya adalah
berusaha untuk selalu bersama lantas, kompak sendiri mempunyai adanya
kebersamaan. Kompak merupakan satu tingkat diatas kebersamaan kalau kompak
sudah pasti bersama, kalau bersama belum tentu kompak.
Kuncinya untuk memperoleh kebersamaan dan kekompakan hanya satu
yaitu sering-ering komunikasi entah langsung atau tidak.
2.2 Manfaat kekompakan dan kebersamaan
a.
Membantu seseorang belajar
mengenal satu sama lain dalam kehidupan sosialnya
b.
Menumbuhkan rasa kepedulian
sosial yang tinggi.
c.
Meningkatkan rasa kebersamaan
dan gotong royong.
BAB III
PEMBAHASAN
3.1
Kebersamaan dan kekompakan dalam belajar kelompok peserta didik
Kebersamaan di SMAN 1 Subang
ini sangat kurang solidaritasnya karena kegiatan yang dilakukan bersama itu
kurang dilakukan oleh semua SMAN 1 Subang.
Kebersamaan positif untuk
membantu membangun diri untuk menjadi lebih baik karena adanya kepedulian dan
kasih sayang kehormatan, kebersamaan juga mengajarkan saling memberi dan
menerima.
Siswa SMAN 1 Subang dalam
kegiatan kelompok belajar kurang memenuhi kebersamaan karena setiap kelompok
ada siswa yang rajin dan malas. Dalam suatu kelompok tidak semua peserta didik
ikut serta dalam diskusi itu karena mereka merasa tidak peduli dengan tugasnya
seharunys, peserta didik menyadari bahwa setiap tugas kelompok harus dikerjakan
secara bersama bukan hanya oleh suatu orang saja tetapi harus dilakukan dengan
bersama-sama.
3.2
Cara meningkatkan kebersamaan dan kekompakan belajar kelompok
peserta didik SMAN 1 Subang.
a.
Membangun kepercayaan yang
baik
b.
Menjalin komunikasi yang baik
c.
Saling mendukung dan toleran
d.
Mau ikut terlibat dalam
setiap kebersamaan
BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Dalam
hal tersebut kita dapat mengambil kesimpulan bahasa peserta didik harus saling
menghargai satu sama lain, kebanyakan dan mereka berfikir secara parsiap dan
hanya ingin menguntungkan diri sendiri, seperti masalah memilih, milih teman,
ketergantungan dalam mengerjakan tugas pada salah satu teman anggota
kelompoknya. Dengan sebuah perumpamaan yang dapat dibandingkan dengan kerja
sama dalam sebuah tim tanpa didasari rasa kekompakan dan kebersamaan, timnya
tidak akan berhasil jadi, dan hal tersebutlah kita harus menyadari kekompakan
dan kebersamaan itu penting marilah kita menjaga kekompakan kita.
4.1 Saran
Sebaiknya
semua siswa harus memiliki sikap kebersamaan dan kekompakan yang tinggi, agar
dapat menjaga solidaritas atas teman dengan baik maka dari itulah semua siswa
harus saling membantu satu sama lain.
DAFTAR PUSTAKA
http :// marbellabatam.blogspot.com
http :// catatanjosephine.blogspot.com
Komentar
Posting Komentar