MAKALAH
MENINGKATKAN KEBERSAMAAN DAN
KEKOMPAKAN MELALUI KEGIATAN BELAJAR
KELOMPOK PESERTA DIDIK SMAN 1 SUBANG















DISUSUN OLEH :
NAMA              :    SHANTI SUNDARI
KELAS             :    XI IPS 3




PEMERINTAH KABUPATEN KUNINGAN
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
SMA NEGERI 1 SUBANG KUNINGAN
Jalan H.O. Iskandar No. 04 Subang Telp (0232) 6000159

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas rahmat-Nya penulis dapat menyelesaikan penyusunan makalah yang berjudul “uapaya meningkatkan kesadaran siswa SMA Negeri 1 Sunamg terhadap Kerapihan”.  Ini dengan baik. Karya tulis ini disusun dalam rangka memenuhi tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada :
1.      Bapak Suhanan, M.Pd. selaku guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia yang telah memberikan materi, sehingga saya memiliki tambahan ilmu.
2.      Orang tua yang telah memberikan motivasi yaitu berupa material dan do’a
3.      Teman-teman yang telah membantu saya mengerjakan makalah ini
Semoga dengan adanya Karya Tulis Ilmiah ini dapat bermanfaat bagi pembaca serta dapat menyedarkan peserta didik SMA Negeri 1 Subang untuk meningkatkan kebersamaan dan kekompakan dalam kegiatan belajar

Subang, Mei 2016
Penulis



DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR ..................................................................................
DAFTAR ISI .................................................................................................
BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang MAsalah .............................................................
1.2  Rumusan MAsalah ......................................................................
1.3  Tujuan Penulisan .........................................................................
1.4  Manfaat Penulisan .......................................................................
BAB II LANDASAN TEORI
2.1 Kebersamaan dan kekompakan  ..................................................
2.2 Manfaat kekompakan fan kebersamaan  .....................................
BAB III PEMBAHASAN
3.1 Kebersamaan dan kekompakan belajar kelompok peserta didik SMAN 1 Subang
3.2 Cara meningkatkan kebersamaan dan kekompakan belajar kelompok peserta didik SMAN 1 Subang ............................................................................................................
BAB IV PENUTUP
4.1 Simpulan ......................................................................................
4.1 Saran ............................................................................................
DAFTAR PUSTAKA



BAB I
PENDAHULUAN


1.1  Latar Belakang Masalah
Kekompakan merupakan bekerja sama secara teratur dan rapi, bersatu padu dalam menghadapi suatu pekerjaan yang biasanya ditandai adanya ketergantungan kekompakan juga ditandai dengan kuatnya hubungan antar tim yang saling ketergantungan dalam urusan tugas, hasil yang ingin dicapai dan komitmen yang tinggi sebagai dan bagian dari tim.
Kekompakan merupakan salah satu interaksi yang mutlak harua asa peserta didik sebagai mahluk sosial yang tidak mungkin hidup sendiri tanpa bantuan orang lain.
Kekompakan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam pembelajaran itu kekompakan mutlak harus dimiliki peserta didik sebagai modal dalam melaksanakan model pembelajaran aktif menurut kurikulum tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)

1.2  Rumusan Masalah
1.1  Bagaimana kebersamaan dan kekompakan dalam belajar kelompok peserta didik SMAN 1 Subang?
1.2  Bagaimana cara meningkatkan kebersamaan dan kekompakan belajar kelompok peserta didik SMAN 1 Subang?

1.3  Tujuan Penulisan
2.1 Untuk mengetahui kebersamaan dan kekompakan dalam belajar kelompok peserta didk SMAN 1 Subang
2.2  Untuk mengetahui cara meningkatkan kebersamaan dan kekompakan dalam belajar kelompok peserta didik 1 Subang



1.4  Manfaat Penulisan
3.1  Bagi penyusun dapat mengetahui seberapa besar kebersamaan dan kekompakan dalam belajar kelompok pesrta didik SMAN 1 Subang.
3.2  Dapat mengetahu cara meningkatkan kebersamaan dan kekompakan belajar kelompok peserta didik SMAN 1 Subang.



BAB II
LANDASAN TEORI

2.1 Pengertian Disiplin
1. Pengertian Kebersamaan
Diambil dari kata dasar kebersamaan yang mempunyai kepanjangan dari :
B Ulet Tekad
E Ratkan Hubungan
R Asakan
S emangat dalam diri
A kan tanggung Jawab
M anusia
A akn tugasmu
Sepintas membaca kepanjangan diatas terlintas dalam gerak kita adalah bersama untuk menjalankan tanggung jawab terhadap suatu tugas yang itu merupakan pengertian salam arti sempit dari kepanjangan diatas, arti kebersamaan ditekankan pada huruf E = eratkan hubungan kebersamaan adalah rasa dari dalam diri untuk selalu berusaha mempererat hubungan dengan orang lain untuk menuju kekompakan.
2. Pengertian Kekompakan
Diambil dari kata dasar kompak, yang dimaksud kompak disini adalah :
K = koreksi pribadi
O = Orasikan
M = masalah
P = pada
A = Akarnya
K = kebersamaan
Hampir 70% kegagalan dalam suatu kegiatan disebabkan kurang kompak atau bahasa organisasinya kurang koordiansi dan untuk membenahinya adalah berusaha untuk selalu bersama lantas, kompak sendiri mempunyai adanya kebersamaan. Kompak merupakan satu tingkat diatas kebersamaan kalau kompak sudah pasti bersama, kalau bersama belum tentu kompak.
Kuncinya untuk memperoleh kebersamaan dan kekompakan hanya satu yaitu sering-ering komunikasi entah langsung atau tidak.


2.2 Manfaat kekompakan dan kebersamaan  
a.       Membantu seseorang belajar mengenal satu sama lain dalam kehidupan sosialnya
b.      Menumbuhkan rasa kepedulian sosial yang tinggi.
c.       Meningkatkan rasa kebersamaan dan gotong royong.



BAB III
PEMBAHASAN


3.1  Kebersamaan dan kekompakan dalam belajar kelompok peserta didik
Kebersamaan di SMAN 1 Subang ini sangat kurang solidaritasnya karena kegiatan yang dilakukan bersama itu kurang dilakukan oleh semua SMAN 1 Subang.
Kebersamaan positif untuk membantu membangun diri untuk menjadi lebih baik karena adanya kepedulian dan kasih sayang kehormatan, kebersamaan juga mengajarkan saling memberi dan menerima.
Siswa SMAN 1 Subang dalam kegiatan kelompok belajar kurang memenuhi kebersamaan karena setiap kelompok ada siswa yang rajin dan malas. Dalam suatu kelompok tidak semua peserta didik ikut serta dalam diskusi itu karena mereka merasa tidak peduli dengan tugasnya seharunys, peserta didik menyadari bahwa setiap tugas kelompok harus dikerjakan secara bersama bukan hanya oleh suatu orang saja tetapi harus dilakukan dengan bersama-sama.

3.2  Cara meningkatkan kebersamaan dan kekompakan belajar kelompok peserta didik SMAN 1 Subang.
a.       Membangun kepercayaan yang baik
b.      Menjalin komunikasi yang baik
c.       Saling mendukung dan toleran
d.      Mau ikut terlibat dalam setiap kebersamaan



BAB IV
PENUTUP


4.1 Kesimpulan
Dalam hal tersebut kita dapat mengambil kesimpulan bahasa peserta didik harus saling menghargai satu sama lain, kebanyakan dan mereka berfikir secara parsiap dan hanya ingin menguntungkan diri sendiri, seperti masalah memilih, milih teman, ketergantungan dalam mengerjakan tugas pada salah satu teman anggota kelompoknya. Dengan sebuah perumpamaan yang dapat dibandingkan dengan kerja sama dalam sebuah tim tanpa didasari rasa kekompakan dan kebersamaan, timnya tidak akan berhasil jadi, dan hal tersebutlah kita harus menyadari kekompakan dan kebersamaan itu penting marilah kita menjaga kekompakan kita.

4.1 Saran
Sebaiknya semua siswa harus memiliki sikap kebersamaan dan kekompakan yang tinggi, agar dapat menjaga solidaritas atas teman dengan baik maka dari itulah semua siswa harus saling membantu satu sama lain.  
DAFTAR PUSTAKA
http :// marbellabatam.blogspot.com
http :// catatanjosephine.blogspot.com

Komentar

Postingan Populer