LAPORAN TUGAS MANDIRI DIKSAR BERJENJANG TINGKAT DASAR BAGI PENDIDIK PAUD TAHUN 2017
LAPORAN
TUGAS MANDIRI
DIKSAR
BERJENJANG TINGKAT DASAR
BAGI
PENDIDIK PAUD
TAHUN 2017
SUSILAWATI
NAMA TRANING
PROVIDER :HIMPAUDI
KAB. KUNINGAN
ALAMAT
PROVIDER :Jl.
Raya Jalaksana No. 135
TANGGAL
PELAKSANAAN DIKSAR :11,12,13,14,15,16
September 2017
TANGGAL
PELAKSANAAN TUGAS MANDIRI :25
September s/d 31 oktober 2017
TEMPAT
PELAKSAAN TUGAS MANDIRI :PAUD
NURUL HUDA
ALAMAT
TEMPAT TUGAS MANDIRI :Dusun
ciawi Rt 14 Rw 03
Desa Selajambe
Kecamatan Selajambe
Kabupaten Kuningan
LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN TUGAS MANDIRI
DIKSAR BERJENJANG TINGKAT DASAR BAGI PENDIDIK PAUD
Disusun Oleh :
SUSILAWATI
Diajukan sebagai persyaratan kelulusan
Diksar berjenjang tingkat dasar
Selajambe, 31
Oktober 2017
Ketua
Pelaksana
Disetujui Pembimbing
YUDI, S.Pd.
Hj. EEN SUKAENAH, M.Pd.
Mengetahui,
Pengelola KB Nurul Huda
Hj. ODAH SAODAH, S.Pd.
KATA
PENGANTAR
Puji
syukur kehadirat allah SWT yang telah memberikan rahmat dan nikmat-Nya kepada
kita yang tiada terhingga kepada penulis, sehingga atas rahmatdan karunia-Nya
penulis dapat menyelesaikan laporan tugas mandiri pendidikan anak usia dini
tepat pada waktunya.
Penulis sudah berusaha sebaik
mungkin agar penyajian laporan tugas mandiri ini dapat memenuhi salah satu
tugas akhir mandiri pendidik anak usia dini.
Penulis
menyadari sepenuhnya bahwa laporan hasil penelitian ini jauh dari sempurna
dikarenakan keterbatasan kemampuan yang dimiliki penulis. Sehubungan dengan itu
dengan sangat terbuka penulis menanti adanya masukan yang sifatnya membangun
guna penyempurnaan isi laporan penelitian, sehngga kekurangan dan kelemahan
dapat di perbaiki semaksimal mungkin.
Akhirnya
penulis menyadari bahwa pelaksanaan tugas mandiri diklat dasar dapat berjalan
dengan lancar dan baik ini tidak terlepas dari bantuan dan bimbingan berbagai
pihak.
Oleh karena itu dalam kesempatan
ini saya menyampaikan terima kasih kepada yth:
- Ibu Hj. Een Sukaenah, M.Pd selaku pembimbing
- Bapak Yudi, S.Pd. sebagai ketua training provider
- Ibu Hj. Odah Saodah S.Pd selaku pengelola KB Nurul Huda
- Seluruh pihak yang telah membantu proses kelancaran penyusunan laporan ini.
Semoga
laporan ini bermanfaat bagi saya khususnya dan para pembaca umumnya.
Selajambe, Oktober 2017
Penyusun
TUGAS MANDIRI
WAJIB 1: MODUL KOMUNIKASI DALAM PENGASUHAN
Nama
Laporan :
Keterlibatan Keluarga Dan Anak
Bentuk
Laporan :
Parenting
Tujuan
Laporan :
Untuk Mensosialisasikan Tentang Kesehatan Gizi
Tanggal Pelaksanaan : 27 September 2017
Waktu Pelaksanaan : 08.00 s/d 10.00
Tempat Pelaksanaan : Kober Nurul Huda Desa
Selajambe
|
No
|
Hal
Yang Dievaluasi
|
Masukan Peserta/Rekan
Sejawat Tekait Hal Yang
Dievaluasi
|
Pelajaran Yang Saya Dapat
Dari Mempersiapkan Dan
Melaksanakan Program
|
|
1.
|
Peserta:
Orang Tua Murid
Jumlah Yang
Ditargetkan:
16
Jumlah
Realisasi:
13
|
§
Kehadiran
peserta tidak sesuai dengan target dikarenakan cuaca (hujan) dan adanya
kesibukan, sehingga tidak semua peserta dapat hadir
|
§
Harus
lebih kompak lagi dalam melakukan kegiatan yang lain
|
|
2.
|
Kedisiplinan
waktu:
Tepat
waktu
Jam
rencana mulai & selesai:
08.00
– 10.00
Jam
realisasi mulai & selesai:
08.00
– 09.30
|
§
Semua
peserta hadir mengikuti acara sesuai dengan jadwal
|
§
Dengan
tepatnya kehadiran, pelaksanaan dapat diselengarakan sesuai dengan yang telah
direncanakan
|
|
3.
|
Tantangan
saat mempersiapkan program:
Tentang
biaya
|
§
Tidak
ada biaya dari pihak lain
§
Menggunakan
biaya sendiri
|
§
Melatih
kemandirian dalam merencanakan dan pengadaan biaya untuk setiap kegiatan
|
|
4.
|
Masalah
yang dihadapi saat melaksanakan program:
Hujan
|
§
Karena
kondisi cuaca (hujan)
|
§
Perlu
persiapan dan waktu yang tepat
|
|
5.
|
Hal-hal
yang sudah baik terkait persiapan & pelaksanaan program:
Sesuai
harapan
|
§
Kerjasama
antara peserta diksar dan pihak pengelola PAUD berjalan dengan baik
|
§
Pentingnya
kekompakan dan kerjasama
|
|
6.
|
Tercapai
tidaknya tujuan program:
Tercapai
|
§
Tercapai
sesuai harapan
|
§
Untuk
lebih ditingkatkan lagi dari mulai perencanaan pelaksanaan agar hasil yang
dicapai dapat lebih baik lagi.
|
v JADWAL PERLIBATAN KELUARGA DALAM 1
TAHUN
|
No.
|
BULAN
|
KEGIATAN
|
|
1.
|
Juli
|
Mengantar anak di hari pertama sekolah
|
|
2.
|
Agustus
|
1.pertemuan dengan wali kelas
2.pertemuan rapat orang tua murid
3.kelas orang tua
|
|
3.
|
September
|
1.pemberian vitamin A
2.parenting tentang kesehatan gizi ibu dan anak
|
|
4.
|
Desember
|
Pengambilan raport; konsultasi kemajuan belajar anak
|
|
5.
|
Januari
|
1.pertemuan dengan wali kelas
2.kelas orang tua
|
|
6.
|
April
|
Peretemuan orang tua, membahas rencana kegiatan akhir tahun
|
|
7.
|
Juni
|
1.Pengambilan raport
2.pemberian penghargaan kepada anak berprestasi
|
Hari :
Rabu
Tanggal :
27 September 2017
Susunan acara :
1.
Pembukaan
2. Sambutan dari pengelola PAUD
nurul huda
3. Sambutan dari peserta diksar
4. Materi
Oleh
Bp. Mantri Nana sutrisna kepala UPTD puskesmas selajambe
Notulen
: Kesehatan Gizi Ibu Dan Anak
A. Perbaikan gizi
1.
Perubahan
perilaku
2.
Pemberian
zat mikro dan kecacingan
3.
Pemulihan
gizi kurang dan gizi buruk
Uraian :
1.
Perubahan
perilaku
·
ASI
Eksklusif
·
MP
Asi
·
Cuci
tangan pakai sabun
·
Penimbangan
berat badan
2.
Zat
gizi mikro untuk anak-anak :
Vitamin
A, Taburia, dan obat kecacingan
·
Suplementasi
gizi bagi ibu hamil :
Asam
folat dan PMT
·
Fortifikasi
bagi masyarakat :
Garam
beryodium dan fotifikasi besi pada bahan pangan
3.
Pemulihan
gizi kurang dan gizi buruk
·
Pemberian
MP ASI pemulihan kepada anak gizi kurang
·
Tatalaksana
gizi buruk melalui rawat inap dirumah sakit dan rawat jalan
B. Manusia prima
1.
Penerapan
gizi seimbang
2.
Terencana
dan terpadu, sikap dan perilaku
3.
Partisipasi
dan kepedulian pemangku kepentingan
C. Tiga fokus pesan
1.
Perilaku
makan
2.
Pola
asuh anak
3.
Aktivitas
fisik
D. Persyaratan menuju keadaan gizi
individu dan masyarakat yang berkualitas
Ø
Setiap
individu akses terhadap informasi gizi melalui gerakan nasional sadara gizi
Ø
Setiap
individu akses terhadap pangan melalui peningkatan produk pangan dan perbaikan
pendapat
Ø
Setiap
individu akses terhadap pelayanan kesehatan melalui reformasi pembangunan
kesehatan
TUGAS MANDIRI
WAJIB 2: MODUL CARA BELAJAR ANAK USIA DINI
v
Kegiatan belajar yang memunculkan keaksaraan dan
konsep berhitung
1.
Saputangan dan bola
a.
Bola yang digunakan adalah bola besar (ukuran
bola kaki).
b.
Anak-anak berdiri dalam lingkaran degan jarak
sekitar 1 meter.
c.
Bola dioperkan dari satu anak kepada anak
lainnya yang berada didalam lingkaran.
d.
Anak yang berada diluar lingkaran berusaha
menyentuh bola dengan saputangan yang dipegangnya, namun tidak boleh menyentuh
anak-anak mengoperkan bola.
e.
Anak yang mengoperkan bola berusaha agar bola
yang dipegangnya tidak dapat disentuh saputangan sehingga suasana menjadi riuh.
f.
Anak yang bolanya disentuh saputangan (ketika
dipegang atau sedang dioper) atau anak yang tidak dapat menangkap bola yang
dioper kepadanya harus keluar dari lingkaran dan menggantikan anak yang
memegang saputangan.
g.
Guru bertindak sebagai pemimpin ditengah
lingkaran.
2.
Bola kurang bola lebih
a.
Siapkan bola kaki atau kantong biji sejumlah
anak.
b.
Anak-anak berdiri diluar garis lingkaran dengan
jarak 1 meter.
c.
Bola/kantong biji diletakkan diantara tiap anak
diatas garis lingkaran jumlah bola dikurangi satu.
d.
Musik dibunyikan dan anak-anak berjalan sambil
bertepuk tangan mengelilingi lingkaran.
e.
Jika musik dihentikan anak-anak langsung
berjongkok dan mengambil bola yang berda didepannya.
f.
Anak yang tidak dapat mendapat bola berdiri
ditengah lingkaran sambil menutup mukanya dengan kedua tangan. Dia berteriak
“bolanya kurang!”.
g.
Anak lainnya melemparkan bolanya ke kaki anak
tersebut sambil berteriak “bolanya lebih!”.
h.
Anak yang tidak mendapat bola harus keluar dari
permainan.
3.
Cari sejumlah benda
a.
Permainan ini menggunakan 1 set kartu angka (1
sampai 10).
b.
Guru memegang 1 set kartu angka. Anak-anak
memperhatikan.
c.
Guru memperlihatkan 1 kartu (misal angka 4).
d.
Aba-aba yang diberikan adalah “ambil batu
sebanyak ...”.
e.
Guru tidak menyebutkan angka yang tertera dalam
kartu yang diperhatikan.
f.
Anak-anak diberlari mencari sesuai aba-aba dan
membawanya kehadapan guru.
g.
Guru bersama anak-anak menghitung jumlah benda
yang dibawa anak dan yang masih salah boleh memperbaikinya.
h.
Dalam usaha memperbaiki kesalahan anak, guru
dapat mengatakan “cukuplah?” , “kurang berapa?” , harus tambah berapa lagi?” ,
“lebihkah?” , berapa lebihnya?” dan seterusnya.
i.
Permainan diulang dengan kartu angka yang lain
dan benda-benda yang lainnya.
4.
Permainan tanpa alat (permainan menjala ikan)
a.
3 anak berperan menjadi jala dan anak lain menjadi
ikan.
b.
Anak-anak yang menjadi ikan boleh berjalan atau
berlari kesana kemari.
c.
3 anak yang menjadi jala saling berpegangan dan
mencoba menangkap ikan-ikan.
d.
Anak-anak yang terjaring dikurung dalam jala dan
dibawa ke satu tempat lingkaran besar (dibuat dengan kapur) sebagai keranjang
ikan.
e.
Anak tersebut tidak boleh meninggalkan tempat.
f.
Jika sudah ada 3 anak tertangkap maka mereka
menjadi jala yang lain.
g.
Demikian seterusnya hingga jumlah jala menjadi
banyak dan ikan semakin berkurang atau habis.
5.
Membuat bentuk-bentuk baru
a.
Permainan ini merupakan permainan individual
tetapi dapat juga dimainkan dalam kelompok kecil ataupun berpasangan, asal saja
alat-alat bermain tersedia cukup banyak
b.
Seorang anak diberi guru 6 buah kancing atau 6
korek api.
c.
Guru mengitung jumlah dengan bersuara dari 1
sampai 6.
d.
Anak diminta untuk menghitung pula diatas
mejanya, seperti yang dilakukan guru tadi.
e.
Guru mengatakan bahwa keenam kancing akan
dibentuk di meja, bentuk apa saja yang disukai asalkan seluruh kancing habis
digunakan.
f.
Contoh diberikan, misalnya keenam kancing habis
terpakai.
g.
Anak diminta menirukan lebih dahulu contoh yang
dibuat guru, diulang sekali lagi.
h.
Sesudah itu bentuk dibongkar dan anak diminta
membuat bentuk-bentuk lain,asalkan seluruh kancing terpakai semuanya.
i.
Secara bertahap kancing ditambah, bila anak
sudah menciptakan sendiri beberapa bentuk dari 6 kancing.
j.
Sebagai selingan gunakan batang korek api
usahakan guru tidak memberi contoh lagi.
k.
Minta anak membuat bentuk-bentuk sendiri mulai
dari 5 atau 6 batang dulu.
TUGAS MANDIRI
WAJIB 3: PERENCANAAN PEMBELAJARAN
v
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
KB :
NURUL HUDA
KELOMPOK/USIA : A (4-5 Tahun)
SEMESTER/MINGGU : 1/2
TEMA/SUB
TEMA : BINATANG/BINATANG DARAT
(AYAM)
HARI/TANGGAL :RABU, 11
OKTOBER 2017
KD YANG
INGIN DICAPAI : 1.1 , 2.4 , 2.7 , 3.6 , 3.6 , 3.8 , 3.15 , 4.15
INDIKATOR : memahami adanya tuhan melalui
ciptaannya
: membilang benda 1-10
: menggunting dan menempel
: menggambar sederhana
: bermain peran
: menunjukan sikap estetis
: menunjukan sikap sabar mau menunggu giliran
MEDIA /
SUMBER BELAJAR : Gambar telur ayam,gunting,lem,buku gambar,uang mainan
I.
KEGIATAN AWAL (30 Menit)
Berbaris, latihan gerak, bernyanyi, salam, berdoa,
absen
II.
KEGIATAN INTI (60 menit)
Mengamati : anak mengamati telur
Menanya : anak tanya jawab tentang telur ayam
Mengumpulkan informasi , menalar , mengomunikasikan
1.
AREA KOGNITIP
Kegiatan :
menghitung telur
Cara :
guru mengumpulkan telur buatan anak
Guru mengajak anak untuk menghitung telur
Anak dan guru bersama-sama menghitung telur
2.
AREA SENI
Kegiatan :
menggunting & menempel gambar ayam
Cara :
guru menyiapkan alat kegiatan
Guru memberi contoh cara menggunting gambar ayam
Guru mepersilahkan anak untuk melaksanakan
kegiatan
Anak melaksanakan kegiatan
Anak lalu menempel gambar ayam yang sudah di
gunting
Anak mengumpulkan hasil kegiatan
3.
AREA DRAMA
Kegiatan :
bermain peran menjadi penjual ayam
Cara :
guru menyiapkan alat kegiatan
Guru memberi penjelasan cara bermain peran
Anak memperhatikan guru, guru mempersilahkan
anak
Anak melaksanakan kegiatan
III.
ISTIRAHAT / MAKAN (30 Menit)
Berdoa mau makan, cuci tangan, makan, bermain bebas
IV.
KEGIATAN AKHIR (30 Menit)
Berdoa sesudah makan, diskusi kegiatan sehari,
berdoa mau pulang, salam, pulang
PENILAIAN
|
Kompetensi inti
|
Kompetensi yang ingin dicapai
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
|
Sikap spiritual
|
Memahami adanya tuhan melalui ciptaannya
|
Alfar,Lutfi, Zidan, Nisa
|
Mela, Reihan, Karina
|
Aris, Rijal, Anggi
|
|
Sikap sosial
|
Menunjukan sikap sabar mau menunggu giliran
|
Rijal, Anggi,Mela, Nisa, Reihan, Alfar
|
Karina, Aris, Zidan, Lutfi
|
|
|
pengetahuan
|
Membilang angka dari 1-10
|
|
Nisa, Lutfi, Jidan
|
Anggi, Rijal, Aris, Karina, Mela, Reihan,Alfar
|
|
Bermain peran
|
Karina, Jidan, Mela, Reihan, Lutfi, Nisa
|
Aris
|
Alfar, Anggi, Rijal
|
|
|
keterampilan
|
Dapat menggunting dan menempel gambar
|
Alfar, Zidan, Reihan, Nisa, Anggi
|
Karina, Aris, rijal, Mela
|
Lutfi
|
Mengetahui Selajambe, 11 Oktober 2017
Ketua
pengelola KB Nurul Huda Guru Kelas
Hj. Odah
Saodah, S.Pd Susilawati
TUGAS MANDIRI WAJIB 4: EVALUASI PEMBELAJARAN
CATATAN ANEKDOT
Tanggal: 9
oktober 2017
Usia/kelas : 4-5 tahun Nama
Guru : Susilawati
|
Nama
Anak
|
Tempat
|
Waktu
|
Peristiwa
|
Capaian
Perkembangan
|
|
Alfar
|
Ruangan
kelas
|
08.20
|
Alfar sekarang sudah mau mengikuti
gerakan senam sampai selesai
|
BSH
|
|
Karina
|
Ruangan
kelas
|
08.30
|
Karina tidak mau mengikuti kegiatan
belajar bersama temannya tapi lama kelamaan Karina mau mengikutinya karena
dia ingin pintar
|
BSH
|
|
Rijal
|
Area
bermain
|
08.00
|
Rijal datang ke sekolah cemberut
karena tidak mau sekolah tapi Rijal sekarang sudah mau bermain ayunan bersama
temannya
|
BSH
|
|
9
|
v CEKLIS PERKEMBANGAN ANAK
Usia/kelas : A (4-5 tahun) Nama
Guru : Susilawati
|
INDIKATOR
|
RABU
18
Oktober 2017
|
||||||||
|
Alfar
|
Karina
|
Rijal
|
|||||||
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
|
|
1.1 menyebutkan nama tuhan sebagai
ciptaannya
|
ü
|
|
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
|
2.2 aktif bertanya
|
|
|
ü
|
ü
|
|
|
|
ü
|
|
|
2.3 hasil karya
|
ü
|
|
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
|
2.9 berbagi dengan orang lain
|
ü
|
|
|
|
ü
|
|
ü
|
|
|
|
3.6 : 4.6 mengenal benda dengan
fungsinya
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
|
|
ü
|
|
3.11 : 4.11 menceritakan kembali
|
|
ü
|
|
ü
|
|
|
|
ü
|
|
v PENILAIAN HASIL KARYA
Nama :
Rijal Kelas : TK A
Periode : Oktober Tahun : 2017
|
Hasil Karya & Pengamatan
|
|
-
Menggunting dan
menempel gambar ayam
-
Jari tangan
kanan memegang gunting lalu menggunting sesuai bentuk pola ayam
-
Dan menempelnya
di buku gambar masing-masing anak
|
|
Capaian Perkembangan :
·
KD 1.1 : 1.2
menghargai ciptaan allah
·
KD 3.8 : 4.8
mengenal lingkungan hidup
·
KD 3.15 : 4.15
dapat membuat hasil karya dengan cara menggunting lalu menempelnya.
|
TUGAS MANDIRI
WAJIB 5: ADVOKASI DANA DESA
v
LAPORAN
1.
Kegiatan musyawarah desa
|
No.
|
Tanggal
|
Jenis Musyawarah
|
Guru Yang Hadir
(Nama & Asal PAUD)
|
|
1.
|
8 oktober 2017
|
Musyawarah dusun
|
1. Susilawati
2. Sri
Ratna N
|
|
2.
|
14 oktober 2017
|
Musyawarah desa
|
1. Tarinah
2. Sri
Ratna N
3. Susilawati
4. Elin
5. Atikah
|
|
3.
|
21 oktober 2017
|
Musrembang
|
1. Tarinah
2. Sri
Ratna N
3. Susilawati
4. Atikah
|
3.
Hal-hal spesifik saat pertemuan musyawarah
|
No.
|
Hal spesifik
|
Respon peserta musyawarah lain
|
|
1.
|
Mengajukan honorarium untuk upah tutor PAUD dalam rangka peningkatan
kapasitas guru dan tutor PAUD desa selajambe kecamatan selajambe
|
Baik dan mendukung
|
|
2.
|
Pengajuan permintaan sarana dan prasarana sekolah/PAUD
|
Baik dan mendukung
|
|
3.
|
Pengajuan pakaian/seragam guru/tutor PAUD
|
Baik dan mendukung
|
4.
Pembelajaran yang diproleh dari hasil pertemuan
musyawarah
|
No.
|
Pembelajaran yang diproleh
|
Rencana tindak-lanjut
|
|
1.
|
Mengetahui mekanisme penentuan skala prioritas kegiatan yang akan
dilaksanakan oleh pemerintah desa
|
Menghitung kebutuhan anggaran untuk kegiatan yang diajukan
|
|
2.
|
Memperjuangkan dan meyakinkan peserta musyawarah dan pemerintah desa
atas apa yang diajukan untuk masuk dalam APBD desa
|
Mengajukan proposal kepada pemerintah desa
|
TUGAS MANDIRI
PEMBUATAN ALAT PERMAINAN EDUKTIF
Nama APE :
Mengecap
|
Alat dan bahan
|
Cara membuat
|
Cara menggunakan
|
Aspek perkembangan
|
|
1.pewarna makanan
2.piring
3.kertas hvs
4.tepung terigu
|
Pewarna makanan dituangkan kedalam piring dan dicampur dengan sedikit
tepung terigu agar kental aduk-aduk sampai tercampur merata lalu letakkan kertas
HVS kosong ke meja masing-masing anak.
|
Pertama tangan anak ditempelkan kedalam piring yang ada pewarnanya
setelah itu angkat tangan anak dan tempelkan tangannya ke kertas HVS kosong
yang sudah disediakan dan anak bisa membuat berbagai bentuk angka dan huruf
ataupun bisa membuat namanya sendiri.
|
Mengenal warna
KD 3.6 : 4.6
|
|
Foto APE dan anak yang sedang menggunakannya
|
|||
|
16
|
Bagus, sangat membantu. Jdi bhn inspirasi.👍
BalasHapusTerimakasih.. sangat membantu banget😊
BalasHapusterimah kasih sangat membantu dalam mmbuat tugas mandiri
BalasHapusTerima ksih sangat membantu saya dlm mengerjkn tm
BalasHapus