LAPORAN TUGAS MANDIRI DIKSAR BERJENJANG TINGKAT DASAR BAGI PENDIDIK PAUD TAHUN 2017





LAPORAN TUGAS MANDIRI
DIKSAR BERJENJANG TINGKAT DASAR
BAGI PENDIDIK PAUD
TAHUN 2017







SUSILAWATI






NAMA TRANING PROVIDER                                                :HIMPAUDI KAB. KUNINGAN
ALAMAT PROVIDER                                                 :Jl. Raya Jalaksana No. 135
TANGGAL PELAKSANAAN DIKSAR                                    :11,12,13,14,15,16 September 2017
TANGGAL PELAKSANAAN TUGAS MANDIRI         :25 September s/d 31 oktober 2017
TEMPAT PELAKSAAN TUGAS MANDIRI                :PAUD NURUL HUDA
ALAMAT TEMPAT TUGAS MANDIRI                      :Dusun ciawi Rt 14 Rw 03
                                                                                     Desa Selajambe
                                                                                     Kecamatan Selajambe
                                                                                     Kabupaten Kuningan









LEMBAR PENGESAHAN

LAPORAN TUGAS MANDIRI
DIKSAR BERJENJANG TINGKAT DASAR BAGI PENDIDIK PAUD

Disusun Oleh :

SUSILAWATI

Diajukan sebagai persyaratan kelulusan

Diksar berjenjang tingkat dasar



Selajambe, 31 Oktober 2017
Ketua Pelaksana                                                                                               Disetujui Pembimbing




YUDI, S.Pd.                                                                                                         Hj. EEN SUKAENAH, M.Pd.



Mengetahui,
Pengelola KB Nurul Huda





Hj. ODAH SAODAH, S.Pd.








KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat allah SWT yang telah memberikan rahmat dan nikmat-Nya kepada kita yang tiada terhingga kepada penulis, sehingga atas rahmatdan karunia-Nya penulis dapat menyelesaikan laporan tugas mandiri pendidikan anak usia dini tepat pada waktunya.
Penulis sudah berusaha sebaik mungkin agar penyajian laporan tugas mandiri ini dapat memenuhi salah satu tugas akhir mandiri pendidik anak usia dini.
Penulis menyadari sepenuhnya bahwa laporan hasil penelitian ini jauh dari sempurna dikarenakan keterbatasan kemampuan yang dimiliki penulis. Sehubungan dengan itu dengan sangat terbuka penulis menanti adanya masukan yang sifatnya membangun guna penyempurnaan isi laporan penelitian, sehngga kekurangan dan kelemahan dapat di perbaiki semaksimal mungkin.
Akhirnya penulis menyadari bahwa pelaksanaan tugas mandiri diklat dasar dapat berjalan dengan lancar dan baik ini tidak terlepas dari bantuan dan bimbingan berbagai pihak.
Oleh karena itu dalam kesempatan ini saya menyampaikan terima kasih kepada yth:
  1. Ibu Hj. Een Sukaenah, M.Pd selaku pembimbing
  2. Bapak Yudi, S.Pd. sebagai ketua training  provider
  3. Ibu Hj. Odah Saodah S.Pd selaku pengelola KB Nurul Huda
  4. Seluruh pihak yang telah membantu proses kelancaran penyusunan laporan ini.
Semoga laporan ini bermanfaat bagi saya khususnya dan para pembaca umumnya.

Selajambe, Oktober 2017


Penyusun




TUGAS MANDIRI WAJIB 1: MODUL KOMUNIKASI DALAM PENGASUHAN

Nama Laporan                         : Keterlibatan Keluarga Dan Anak
Bentuk Laporan                                   : Parenting
Tujuan Laporan                                   : Untuk Mensosialisasikan Tentang Kesehatan Gizi
Tanggal Pelaksanaan                : 27 September 2017
Waktu Pelaksanaan                  : 08.00 s/d 10.00
Tempat Pelaksanaan                : Kober Nurul Huda Desa Selajambe
No
Hal Yang Dievaluasi
Masukan Peserta/Rekan
Sejawat Tekait Hal Yang
Dievaluasi
Pelajaran Yang Saya Dapat
Dari Mempersiapkan Dan
Melaksanakan Program

1.
Peserta:
Orang Tua Murid
Jumlah Yang Ditargetkan:
16
Jumlah Realisasi:
13
§  Kehadiran peserta tidak sesuai dengan target dikarenakan cuaca (hujan) dan adanya kesibukan, sehingga tidak semua peserta dapat hadir
§  Harus lebih kompak lagi dalam melakukan kegiatan yang lain

2.
Kedisiplinan waktu:
Tepat waktu
Jam rencana mulai & selesai:
08.00 – 10.00
Jam realisasi mulai & selesai:
08.00 – 09.30
§  Semua peserta hadir mengikuti acara sesuai dengan jadwal
§  Dengan tepatnya kehadiran, pelaksanaan dapat diselengarakan sesuai dengan yang telah direncanakan

3.
Tantangan saat mempersiapkan program:
Tentang biaya
§  Tidak ada biaya dari pihak lain
§  Menggunakan biaya sendiri
§  Melatih kemandirian dalam merencanakan dan pengadaan biaya untuk setiap kegiatan

4.
Masalah yang dihadapi saat melaksanakan program:
Hujan

§  Karena kondisi cuaca (hujan)
§  Perlu persiapan dan waktu yang tepat


5.
Hal-hal yang sudah baik terkait persiapan & pelaksanaan program:
Sesuai harapan
§  Kerjasama antara peserta diksar dan pihak pengelola PAUD berjalan dengan baik
§  Pentingnya kekompakan dan kerjasama



6.
Tercapai tidaknya tujuan program:
Tercapai
§  Tercapai sesuai harapan
§  Untuk lebih ditingkatkan lagi dari mulai perencanaan pelaksanaan agar hasil yang dicapai dapat lebih baik lagi.


v  JADWAL PERLIBATAN KELUARGA DALAM 1 TAHUN

No.
BULAN
KEGIATAN
1.
Juli
Mengantar anak di hari pertama sekolah
2.
Agustus
1.pertemuan dengan wali kelas
2.pertemuan rapat orang tua murid
3.kelas orang tua
3.
September
1.pemberian vitamin A
2.parenting tentang kesehatan gizi ibu dan anak
4.
Desember
Pengambilan raport; konsultasi kemajuan belajar anak
5.
Januari
1.pertemuan dengan wali kelas
2.kelas orang tua
6.
April
Peretemuan orang tua, membahas rencana kegiatan akhir tahun
7.
Juni
1.Pengambilan raport
2.pemberian penghargaan kepada anak berprestasi



 Hari                                   : Rabu
 Tanggal                              : 27 September 2017

 Susunan acara :
1.      Pembukaan
2.      Sambutan dari pengelola PAUD nurul huda
3.      Sambutan dari peserta diksar
4.      Materi
Oleh Bp. Mantri Nana sutrisna kepala UPTD puskesmas selajambe

Notulen : Kesehatan Gizi Ibu Dan Anak
A.     Perbaikan gizi
1.      Perubahan perilaku
2.      Pemberian zat mikro dan kecacingan
3.      Pemulihan gizi kurang dan gizi buruk
Uraian :
1.      Perubahan perilaku
·         ASI Eksklusif
·         MP Asi
·         Cuci tangan pakai sabun
·         Penimbangan berat badan
2.      Zat gizi mikro untuk anak-anak :
Vitamin A, Taburia, dan obat kecacingan
·         Suplementasi gizi bagi ibu hamil :
Asam folat dan PMT
·         Fortifikasi bagi masyarakat :
Garam beryodium dan fotifikasi besi pada bahan pangan
3.      Pemulihan gizi kurang dan gizi buruk
·         Pemberian MP ASI pemulihan kepada anak gizi kurang
·         Tatalaksana gizi buruk melalui rawat inap dirumah sakit dan rawat jalan
B.     Manusia prima
1.      Penerapan gizi seimbang
2.      Terencana dan terpadu, sikap dan perilaku
3.      Partisipasi dan kepedulian pemangku kepentingan
C.     Tiga fokus pesan
1.      Perilaku makan
2.      Pola asuh anak
3.      Aktivitas fisik
D.     Persyaratan menuju keadaan gizi individu dan masyarakat yang berkualitas
Ø  Setiap individu akses terhadap informasi gizi melalui gerakan nasional sadara gizi
Ø  Setiap individu akses terhadap pangan melalui peningkatan produk pangan dan perbaikan pendapat
Ø  Setiap individu akses terhadap pelayanan kesehatan melalui reformasi pembangunan kesehatan

TUGAS MANDIRI WAJIB 2: MODUL CARA BELAJAR ANAK USIA DINI
v  Kegiatan belajar yang memunculkan keaksaraan dan konsep berhitung
1.       Saputangan dan bola
a.       Bola yang digunakan adalah bola besar (ukuran bola kaki).
b.      Anak-anak berdiri dalam lingkaran degan jarak sekitar 1 meter.
c.       Bola dioperkan dari satu anak kepada anak lainnya yang berada didalam lingkaran.
d.      Anak yang berada diluar lingkaran berusaha menyentuh bola dengan saputangan yang dipegangnya, namun tidak boleh menyentuh anak-anak mengoperkan bola.
e.      Anak yang mengoperkan bola berusaha agar bola yang dipegangnya tidak dapat disentuh saputangan sehingga suasana menjadi riuh.
f.        Anak yang bolanya disentuh saputangan (ketika dipegang atau sedang dioper) atau anak yang tidak dapat menangkap bola yang dioper kepadanya harus keluar dari lingkaran dan menggantikan anak yang memegang saputangan.
g.       Guru bertindak sebagai pemimpin ditengah lingkaran.
2.       Bola kurang bola lebih
a.       Siapkan bola kaki atau kantong biji sejumlah anak.
b.      Anak-anak berdiri diluar garis lingkaran dengan jarak 1 meter.
c.       Bola/kantong biji diletakkan diantara tiap anak diatas garis lingkaran jumlah bola dikurangi satu.
d.      Musik dibunyikan dan anak-anak berjalan sambil bertepuk tangan mengelilingi lingkaran.
e.      Jika musik dihentikan anak-anak langsung berjongkok dan mengambil bola yang berda didepannya.
f.        Anak yang tidak dapat mendapat bola berdiri ditengah lingkaran sambil menutup mukanya dengan kedua tangan. Dia berteriak “bolanya kurang!”.
g.       Anak lainnya melemparkan bolanya ke kaki anak tersebut sambil berteriak “bolanya lebih!”.
h.      Anak yang tidak mendapat bola harus keluar dari permainan.
3.       Cari sejumlah benda
a.       Permainan ini menggunakan 1 set kartu angka (1 sampai 10).
b.      Guru memegang 1 set kartu angka. Anak-anak memperhatikan.
c.       Guru memperlihatkan 1 kartu (misal angka 4).
d.      Aba-aba yang diberikan adalah “ambil batu sebanyak ...”.
e.      Guru tidak menyebutkan angka yang tertera dalam kartu yang diperhatikan.
f.        Anak-anak diberlari mencari sesuai aba-aba dan membawanya kehadapan guru.
g.       Guru bersama anak-anak menghitung jumlah benda yang dibawa anak dan yang masih salah boleh memperbaikinya.
h.      Dalam usaha memperbaiki kesalahan anak, guru dapat mengatakan “cukuplah?” , “kurang berapa?” , harus tambah berapa lagi?” , “lebihkah?” , berapa lebihnya?” dan seterusnya.
i.         Permainan diulang dengan kartu angka yang lain dan benda-benda yang lainnya.


4.       Permainan tanpa alat (permainan menjala ikan)
a.       3 anak berperan menjadi jala dan anak lain menjadi ikan.
b.      Anak-anak yang menjadi ikan boleh berjalan atau berlari kesana kemari.
c.       3 anak yang menjadi jala saling berpegangan dan mencoba menangkap ikan-ikan.
d.      Anak-anak yang terjaring dikurung dalam jala dan dibawa ke satu tempat lingkaran besar (dibuat dengan kapur) sebagai keranjang ikan.
e.      Anak tersebut tidak boleh meninggalkan tempat.
f.        Jika sudah ada 3 anak tertangkap maka mereka menjadi jala yang lain.
g.       Demikian seterusnya hingga jumlah jala menjadi banyak dan ikan semakin berkurang atau habis.
5.       Membuat bentuk-bentuk baru
a.       Permainan ini merupakan permainan individual tetapi dapat juga dimainkan dalam kelompok kecil ataupun berpasangan, asal saja alat-alat bermain tersedia cukup banyak
b.      Seorang anak diberi guru 6 buah kancing atau 6 korek api.
c.       Guru mengitung jumlah dengan bersuara dari 1 sampai 6.
d.      Anak diminta untuk menghitung pula diatas mejanya, seperti yang dilakukan guru tadi.
e.      Guru mengatakan bahwa keenam kancing akan dibentuk di meja, bentuk apa saja yang disukai asalkan seluruh kancing habis digunakan.
f.        Contoh diberikan, misalnya keenam kancing habis terpakai.
g.       Anak diminta menirukan lebih dahulu contoh yang dibuat guru, diulang sekali lagi.
h.      Sesudah itu bentuk dibongkar dan anak diminta membuat bentuk-bentuk lain,asalkan seluruh kancing terpakai semuanya.
i.         Secara bertahap kancing ditambah, bila anak sudah menciptakan sendiri beberapa bentuk dari 6 kancing.
j.        Sebagai selingan gunakan batang korek api usahakan guru tidak memberi contoh lagi.
k.       Minta anak membuat bentuk-bentuk sendiri mulai dari 5 atau 6 batang dulu.




TUGAS MANDIRI WAJIB 3: PERENCANAAN PEMBELAJARAN
v  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
KB                                           : NURUL HUDA
KELOMPOK/USIA             : A (4-5 Tahun)
SEMESTER/MINGGU      : 1/2
TEMA/SUB TEMA             : BINATANG/BINATANG DARAT (AYAM)
HARI/TANGGAL                                :RABU, 11 OKTOBER 2017

KD YANG INGIN DICAPAI : 1.1 , 2.4 , 2.7 , 3.6 , 3.6 , 3.8 , 3.15 , 4.15
INDIKATOR         : memahami adanya tuhan melalui ciptaannya
                                 : membilang benda 1-10
                                 : menggunting dan menempel
                                 : menggambar sederhana
                                 : bermain peran
                                 : menunjukan sikap estetis
                                 : menunjukan sikap sabar mau menunggu giliran
MEDIA / SUMBER BELAJAR : Gambar telur ayam,gunting,lem,buku gambar,uang mainan
        I.            KEGIATAN AWAL (30 Menit)
Berbaris, latihan gerak, bernyanyi, salam, berdoa, absen
      II.            KEGIATAN INTI (60 menit)
Mengamati : anak mengamati telur
Menanya : anak tanya jawab tentang telur ayam
Mengumpulkan informasi , menalar , mengomunikasikan
1.       AREA KOGNITIP
Kegiatan              : menghitung telur
Cara                       : guru mengumpulkan telur buatan anak
                                  Guru mengajak anak untuk menghitung telur
                                  Anak dan guru bersama-sama menghitung telur
2.       AREA SENI
Kegiatan              : menggunting & menempel gambar ayam
Cara                       : guru menyiapkan alat kegiatan
                                  Guru memberi contoh cara menggunting  gambar ayam
                                  Guru mepersilahkan anak untuk melaksanakan kegiatan
                                  Anak melaksanakan kegiatan
                                  Anak lalu menempel gambar ayam yang sudah di gunting
                                  Anak mengumpulkan hasil kegiatan
3.       AREA DRAMA
Kegiatan              : bermain peran menjadi penjual ayam
Cara                       : guru menyiapkan alat kegiatan
                                  Guru memberi penjelasan cara bermain peran
                                  Anak memperhatikan guru, guru mempersilahkan anak
                                  Anak melaksanakan kegiatan

    III.            ISTIRAHAT / MAKAN (30 Menit)
Berdoa mau makan, cuci tangan, makan, bermain bebas
    IV.            KEGIATAN AKHIR (30 Menit)
Berdoa sesudah makan, diskusi kegiatan sehari, berdoa mau pulang, salam, pulang

PENILAIAN
Kompetensi inti
Kompetensi yang ingin dicapai
MB
BSH
BSB
Sikap spiritual
Memahami adanya tuhan melalui ciptaannya
Alfar,Lutfi, Zidan, Nisa
Mela, Reihan, Karina
Aris, Rijal, Anggi
Sikap sosial
Menunjukan sikap sabar mau menunggu giliran
Rijal, Anggi,Mela, Nisa, Reihan, Alfar
Karina, Aris, Zidan, Lutfi

pengetahuan
Membilang angka dari 1-10

Nisa, Lutfi, Jidan
Anggi, Rijal, Aris, Karina, Mela, Reihan,Alfar
Bermain peran
Karina, Jidan, Mela, Reihan, Lutfi, Nisa
Aris
Alfar, Anggi, Rijal
keterampilan
Dapat menggunting dan menempel gambar
Alfar, Zidan, Reihan, Nisa, Anggi
Karina, Aris, rijal, Mela
Lutfi


Mengetahui                                                                                                         Selajambe, 11  Oktober 2017
Ketua pengelola KB Nurul Huda                                                                   Guru Kelas

                                                                              
Hj. Odah Saodah, S.Pd                                                                                     Susilawati



TUGAS MANDIRI WAJIB 4: EVALUASI PEMBELAJARAN

CATATAN ANEKDOT
Tanggal: 9 oktober 2017
Usia/kelas       :  4-5 tahun                                                      Nama Guru     : Susilawati
Nama Anak
Tempat
Waktu
Peristiwa
Capaian Perkembangan
Alfar
Ruangan kelas
08.20
Alfar sekarang sudah mau mengikuti gerakan senam sampai selesai
BSH
Karina
Ruangan kelas
08.30
Karina tidak mau mengikuti kegiatan belajar bersama temannya tapi lama kelamaan Karina mau mengikutinya karena dia ingin pintar
BSH
Rijal
Area bermain
08.00
Rijal datang ke sekolah cemberut karena tidak mau sekolah tapi Rijal sekarang sudah mau bermain ayunan bersama temannya
BSH

9

 

v  CEKLIS PERKEMBANGAN ANAK


Usia/kelas       : A (4-5 tahun)                                                 Nama Guru     : Susilawati
INDIKATOR
RABU
18 Oktober 2017
Alfar
Karina
Rijal
MB
BSH
BSB
MB
BSH
BSB
MB
BSH
BSB
1.1 menyebutkan nama tuhan sebagai ciptaannya
ü   



ü   


ü   

2.2 aktif bertanya


ü   
ü   



ü   

2.3 hasil karya
ü   



ü   


ü   

2.9 berbagi dengan orang lain
ü   



ü   

ü   


3.6 : 4.6 mengenal benda dengan fungsinya

ü   


ü   



ü   
3.11 : 4.11 menceritakan kembali

ü   

ü   



ü   


























v  PENILAIAN HASIL KARYA

Nama              : Rijal                                                                           Kelas    : TK A
Periode            : Oktober                                                                     Tahun  : 2017
Hasil Karya & Pengamatan

-          Menggunting dan menempel gambar ayam
-          Jari tangan kanan memegang gunting lalu menggunting sesuai bentuk pola ayam
-          Dan menempelnya di buku gambar masing-masing anak
Capaian Perkembangan :
·         KD 1.1 : 1.2 menghargai ciptaan allah
·         KD 3.8 : 4.8 mengenal lingkungan hidup
·         KD 3.15 : 4.15 dapat membuat hasil karya dengan cara menggunting lalu menempelnya.




TUGAS MANDIRI WAJIB 5: ADVOKASI DANA DESA
v  LAPORAN
1.       Kegiatan musyawarah desa
No.
Tanggal
Jenis Musyawarah
Guru Yang Hadir
(Nama & Asal PAUD)
1.
8 oktober 2017
Musyawarah dusun
1.       Susilawati
2.       Sri Ratna N
2.
14 oktober 2017
Musyawarah desa
1.       Tarinah
2.       Sri Ratna N
3.       Susilawati
4.       Elin
5.       Atikah
3.
21 oktober 2017
Musrembang
1.       Tarinah
2.       Sri Ratna N
3.       Susilawati
4.       Atikah




3.       Hal-hal spesifik saat pertemuan musyawarah
No.
Hal spesifik
Respon peserta musyawarah lain
1.
Mengajukan honorarium untuk upah tutor PAUD dalam rangka peningkatan kapasitas guru dan tutor PAUD desa selajambe kecamatan selajambe
Baik dan mendukung

2.
Pengajuan permintaan sarana dan prasarana sekolah/PAUD
Baik dan mendukung
3.
Pengajuan pakaian/seragam guru/tutor PAUD
Baik dan mendukung



4.       Pembelajaran yang diproleh dari hasil pertemuan musyawarah
No.
Pembelajaran yang diproleh
Rencana tindak-lanjut
1.
Mengetahui mekanisme penentuan skala prioritas kegiatan yang akan dilaksanakan oleh pemerintah desa
Menghitung kebutuhan anggaran untuk kegiatan yang diajukan
2.
Memperjuangkan dan meyakinkan peserta musyawarah dan pemerintah desa atas apa yang diajukan untuk masuk dalam APBD desa
Mengajukan proposal kepada pemerintah desa


TUGAS MANDIRI PEMBUATAN ALAT PERMAINAN EDUKTIF

Nama APE : Mengecap
Alat dan bahan
Cara membuat
Cara menggunakan
Aspek perkembangan
1.pewarna makanan
2.piring
3.kertas hvs
4.tepung terigu
Pewarna makanan dituangkan kedalam piring dan dicampur dengan sedikit tepung terigu agar kental aduk-aduk  sampai tercampur merata lalu letakkan kertas HVS kosong ke meja masing-masing anak.
Pertama tangan anak ditempelkan kedalam piring yang ada pewarnanya setelah itu angkat tangan anak dan tempelkan tangannya ke kertas HVS kosong yang sudah disediakan dan anak bisa membuat berbagai bentuk angka dan huruf ataupun bisa membuat namanya sendiri.
Mengenal warna
KD 3.6 : 4.6
Foto APE dan anak yang sedang menggunakannya

16
 

Komentar

  1. Bagus, sangat membantu. Jdi bhn inspirasi.👍

    BalasHapus
  2. Terimakasih.. sangat membantu banget😊

    BalasHapus
  3. terimah kasih sangat membantu dalam mmbuat tugas mandiri

    BalasHapus
  4. Terima ksih sangat membantu saya dlm mengerjkn tm

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer